Berapa Penghasilan YouTube 1000 Views Niche Tutorial Teknologi? + Penjelasan Tentang RPM dan Niche

0
PENGHASILAN YOUTUBE 1000 VIEWS - NICHE TUTORIAL TEKNOLOGI
Penghasilan channel YouTube 1000 Views Pada Niche Tutorial Teknologi

EvoTekno.com – Mungkin dari Anda ada yang penasaran tentang penghasilan channel YouTube Indonesia dengan tayangan sekitar 1000.

Tentu ada banyak faktor yang mempengaruhi total estimasi pendapatan YouTube.

A. Konten apa sih EVOTEKNO – Tutorial?

Jika Anda belum tahu, channel yang di bahas kali ini adalah ‘EVOTEKNO – Tutorial’ yang mana berisi tutorial yang berbuhungan dengan teknologi, dan topik yang dibahas cukup banyak variannya.

Ada bahas tutorial Gadget, Komputer, Software, Keuangan dan yang baru-baru ini Kripto, karna saya sedang melakukan itu. Jadi saya isi kontennya sesuai dengan apa yang sedang saya lakukan.

B. Sebelum itu…

Faktor utama yang mempengaruhi pendapatan:

  • Niche 
  • Region audience (Penonton dari Amerika Serikat lebih tinggi iklannya dibandingkan Indonesia)
  • Jumlah Views
  • Trend dan hari besar (Biasanya jika akhir tahun, atau ada hari raya harga iklan bisa naik)
  • Tergantung pengiklan menargetkan ke channel sesuai keinginannya (Biasanya pada channel-channel besar)

Dan mungkin masih banyak lagi metrik yang mempengaruhi

Niche yang memberikan harga iklan tinggi

  • Keuangan (Asuransi, Pinjaman, Trading, Aset Kripto dll)
  • Bisnis (Affiliate, Dropship, E-Commerce, Marketing, Real Estate, Web Hosting dll)
  • Kesehatan
  • Kecantikan & Skin Care

Adapun niche yang dengan pembayaran rendah seperti halnya

  • Makanan
  • Gaming
  • Komputer

Sumber:

Diatas adalah daftar dari beberapa sumber dan belum semuanya kami sebutkan. Serta beberapa sudah saya buktikan, bahwa konten yang berbau keuangan seperti halnya kripto, web hosting, RPM yang diberikan cukup tinggi.

Dibandingkan konten tutorial game dan komputer yang memberikan RPM rendah. Buktinya? Anda bisa cek screenshot di bawah.

Namun intinya banyak faktor lain yang mungkin tidak saya ketahui.

C. Penghasilan 1000 Views

1. Analytics Dasar

Channel EVOTEKNO – Tutorial baru saja diterima AdSense sekitar 16 Mei 2021 dan sampai saat ini berarti berjalan 2 bulan. Namun saya juga sudah terdaftar AdSense dari 2016, tapi hanya berjalan untuk AdSense blog saja.

Kembali ke pembahasan utama, bisa Anda lihat pada screenshot di bawah, Analytics untuk periode 28 hari terakhir:

  • Penayangan: 25600
  • Waktu tonton (jam): 840 jam tonton
  • Estimasi pendapatan: $21,74
    Analytics Dasar YouTube - EVOTEKNO Tutorial
    Halaman utama Analytics di YouTube Studio, Analytics 28 hari (20 Juni – 17 Juli 2021)

    Jika dilihat dari grafik, untuk penonton perharinya sekitar 650 hingga 1100 views

2. RPM

Kemudian pada menu Pendapatan di Analytics terlihat channel EVOTEKNO – Tutorial mendapat RPM sebesar 0.85$.untuk periode 28 hari.

Analytics Dasar YouTube - EVOTEKNO Tutorial
Analytics 28 hari ( 20 Jun – 17 Jul 2021)

RPM itu penting, kita bisa melihat pencapaian channel kita, ketika mendapatkan views sebanyak 1000. Jika Anda belum tau RPM, contohnya channel kita mendapatkan RPM sebesar 0.85$, artinya ketika kita mendapatkan 1000 views, kita akan mendapatkan 0.85$.

RPM ini setiap harinya bisa berubah, tergantung dari topik konten dan advertiser (pengiklan). Jadi tidak akan terus-terusan 0.85$.

Di bawah ini juga berikut top video yang memberikan pengdapatan terbaik, memang di bawah ini bukan video tentang keuangan, namun video tersebut views nya terbanyak juga.

Analytics YouTube - Pendapatan - Konten - EVOTEKNO TUTORIAL
Analytics 28 hari (21 Jun – 21 Jul 2021)

Di bawah ini juga adalah salah satu contoh hitung-hitungan RPM, rumus utamanya views dikalikan dengan RPM yang ada.

Perhitungan Views RPM, 17 Juli 2021 - YouTube EvoTekno Tutorial
Analytics 1 hari, pada tangal 17 Juli 2021.

Kenapa kita mendapatkan 0.42$? karena views pada tanggal 17 Juli hanya 676.

Di bawah ini buktinya bahwa tanggal 17 Juli 2021 mendapat estimasi sebesar 0.42$

Estimasi Pendapatan tanggal 17 Juli 2021 - YouTube EVOTEKNO TUTORIAL
Mungkin ada yang merasa aneh, kok di atas dapat estimasi pendapatannya 21.74$ tapi disini 20.96$. Ini screenshot diambil ke esokan harinya, makannya estimasi pendapatannya turun 20.96$, ini bukan kekeliruan, lihat saja periode tanggalnya 21 Jun – 18 Jul bukan 20 – 17 jul seperti pada screenshot yang lain. Untuk penjelasan kenapa estimasi pendapatan berkurang, akan saya buatkan penjelasannya di artikel terpisah.

3. Berapa RPM Tiap Video?

Nah, karna konten EVOTEKNO – Tutorial cukup banyak variannya, ada konten tentang tutorial Gadget, Komputer, Kripto dan sedikit keuangan.

Ingat setiap video memiliki RPM yang berbeda-beda, tergantung topik dari video yang diberikan. Disini saya akan memperlihatkan RPM masing-masing video yang ada di channel:

RPM YouTube EVOTEKNO Tutorial - Analytics Lanjutan
1. Analytics 1 hari, tanggal 17 Juli 2021
RPM Kecil YouTUbe Evotekno Tutorial - Analytics Lanjutan
2. Analytics 1 hari, tanggal 17 Juli 2021, Bisa Anda lihat video yang berbau uang cenderung tinggi, dan komputer dan android banyak yang kecil, lalu saya tandai juga RPM di bawah 0.5$ saya golongkan sebagai RPM kecil.

Untuk RPM perhari pada tanggal 17 Juli 2021 mendapatkan RPM keseluruhan sekitar 0.61$, dengan estimasi pendapatan sekitar 0.42$, memang pada tanggal 17 saya mendapatkan 0.42$ atau setara Rp 6100

Screenshot di atas bisa menjadi bukti bahwa niche sangat berpengaruh ke RPM, konten kripto dan keuangan RPM cenderung lebih tinggi di atas 0.5$. Dibandingkan tutorial Android dan Komputer kebanyakan di bawah 0.5$.

D. Pertanyaan dan Curhat

1. Apakah Penting Melihat Analytics?

Sebelum itu, menurut saya kunci sukses dibidang apapun adalah konsisten.

Ada beberapa YouTuber sukses bercerita di awal karirnya yang tak peduli dengan Analytics, ia beralasan membuat konten di YouTube karena hobi, bukan uang. Well, pada awal karir itu sebenarnya hal bagus juga, karna ia jadi fokus ke pembuatan konten tanpa ada tekanan dari Analytics yang terus turun naik, yang mana hasilnya ia menjadi konsisten.

Namun bagi Anda yang diniatkan untuk bisnis, menurut saya Analytics penting soalnya Anda bisa tahu performa channel Anda seperti apa, terus konten apa yang banyak disukai. Nah, hasil dari Analytics bisa kita jadikan data dan bahan kedepannya, jadi bahan pertimbangan konten seperti apa yang akan dibuat.

Bahkan kita juga jadi tahu, apa kelemahan channel kita, misalnya kurang

2. Kenapa Channel EVOTEKNO – Tutorial Views dan Penghasilannya Kecil?

Hmm untuk bagian ini ada beberapa pemikiran dan spekulasi yang membuat channel saya kecil. Saya akan membagi dua alasan.

Penyebab views dan subscribernya sedikit:

  • Tidak begitu banyak kontennya, karena untuk konten tutorial sangat banyak kompetitornya, dan kompetitor update video hampir setiap hari, dan saya masih seminggu 2 kali.
  • Kontennya terlalu dasar, dan cukup banyak saingannya, dan saya akui itu. Banyak konten seperti ‘Cara Daftar…’, ‘Cara Transfer…’ konten seperti itu menurut saya termasuk dasar, bahkan ada orang bisa tanpa melihat tutorial.
  • Niche nya terlalu banyak varian, yang menyebabkan penonton enggan untuk mengikuti semua video dan subscribe. Soalnya pada channel EVOTEKNO – Tutorial, ada bahas Gadget, Komputer, Game, Keuangan dan bahkan Kripto.
    • Hal ini menyebabkan jumlah penonton 99.1% tidak subscribe. Opini saya kebanyakan penonton melihat ketika butuh saja, karna tak layak untuk diikuti.
      Jumlah Subccribe Yang menonton YouTube EVOTEKNO Tutorial
      Analytcis 28 Hari, dari 25.000 views yang menonton 99.4% tidak subscribe

Penyebab penghasilan sedikit:

  • Tentu penyebabnya adalah views sedikit
    • Namun dari beberapa skenario ada yang views sedikit tapi penghasilannya besar karna nichenya bisnis, jadi niche juga jadi pengaruh besar. Maka karna niche tutorial teknologi tidak terlalu besar, hasilnya seperti di atas, apalagi viewsnya hanya sedikit.
  • Niche tutorial teknologi terlalu banyak saingan, terlalu mudah untuk dibuat. Yang mana dimata pengiklan, konten seperti ini akan berebut bid yang ditawarkan oleh pengiklan.

Solusi

Solusi dari kedua penyebab diatas, saya bagi juga dalam kedua poin

  • Fokus pada suatu topik, misal kalau bahas gadget ya gadget saja, jangan dicampur dengan kripto.
  • Konsisten, jika Anda terjun ke konten tutorial, Anda diharuskan bermain quantity karna terlalu banyak saingannya.

Udah tau penyebab dan solusi, kok tidak diterapkan?

Well, ini menarik saya juga masih bimbang dengan masalah ini hahaha. Saya akan jawab sesuai dengan poin pertanyaan:

  • Kenapa kontennya tidak fokus ke satu topik?:
    • Ini masalah idealisme saja sih, saya membuat konten karena ingin berbagi saja, dan juga sesuai dengan kondisi. Jika sedang pegang Xiaomi, biasanya saya share tutorial Xiaomi, begitu juga ketika pegang iPhone, atau saat saya sedang fokus trading kripto, saya pun membuat konten seperti itu.
  • Kenapa tidak konsisten upload di EVOTEKNO – Tutorial?:
    • Nah, ini faktor utama dari segala masalah hahaha. Sepertinya saya kurang konsisten upload video secara terjadwal, karena malas, hal ini sedang saya lawan, dan juga ada alasan lain seperti pada poin ketiga.
  • Alasan utama lain adalah, saya tidak sering upload di channel ‘EVOTEKNO – Tutorial’, karna kedepannya saya punya rencana akan fokus ke konten review gadget, yang akan di upload pada channel utama ‘EVOTEKNO‘, jadinya saya tidak memprioritaskan lebih ke channel tutorial.
  • Kenapa malas?:
    • Mungkin juga karna saya mengurus website evotekno.com dan channel sendirian, belum ada team. Namun kedepannya saya pasti dan harus punya team, agar pekerjaan lebih mudah.

Dari semua kemungkinan dan alasan di atas, saya terus berusaha untuk mencari solusi terbaik dan terutama akan terus melawan hal buruk seperti kemalasan hahaha.

Penjelasan versi video

E. Catatan Penting Untuk Pembaca

Data dan screenshot yang berada pada Analytics adalah asli, semoga bisa menjadi data juga untuk Anda, dan mungkin Anda banding-bandingkan dengan channel lain yang memiliki niche berbeda.

Untuk penjelasan pada bagian [D. Pertanyaan dan Curhat], Anda jangan menelan semua informasi begitu saja, bisa saja saya salah, pada bagian tersebut saya lebih banyak mengeluarkan penjalasan yang berdasarkan ‘kemungkinan’.

Jadi, Anda bisa mengambil informasi dari beberapa sumber lain.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, jika ada pertanyaan dan saran, atau bahkan koreksi, Anda bisa menuliskan komentar di bawah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here