Cara Setting Dual Monitor atau Lebih di Windows 10

1
Ilustrasi setup dual monitor, monitor kiri berorientasi Potrait dan yang kanan berorientasi Landscape | Sumber gambar: Pexels.com by Josh Sorenson

evotekno.com – Beberapa hari yang lalu saya baru saja membeli monitor tambahan, yang dimana bertujuan untuk setup dual monitor. Bukan untuk gaya-gayaan, namun untuk memudahkan pekerjaan dan produktivitas.

Agar memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan memotong waktu yang disebabkan alt-tab, apalagi banyak aplikasi dan tab browser yang berjalan, hal tersebut sangat membingungkan ketika multi-tasking

Untuk monitor yang saya pakai, monitor lama berukuran 14 inci, dan yang baru berukuran 24 inci.

Well, kita langsung saja ke tips-tips nya cara setting dual monitor:

1. Pastikan Kabel Antara Monitor dan VGA Sesuai

Alangkah baiknya sebelum membeli monitor, periksa dulu port VGA Card / Onboard VGA yang tersedia.

Perbedaan Port Kabel Monitor
Perbedaan Port Kabel Monitor

Misal jika VGA Card yang Anda pakai hanya tersedia port DVI, HDMI dan Display Port saja. Namun monitor yang Anda pakai cuma tersedia kabel dengan port D-Sub, dan VGA Card yang Anda pakai, tidak ada slot untuk D-Sub.

Tenang, untuk mengatasi hal tersebut ada solusinya, tak perlu menyesuaikan VGA-nya harus ada port D-Sub. Anda cukup menggunakan converter D-Sub to DVI atau D-Sub to HDMI.

Converter port VGA - Perbedaan port male female
Diatas adalah contoh Converter port D-Sub to DVI, ada banyak jenis seperti Display Port to HDMI dan lainnya. Selain itu sampingnya adalah contoh perbedaan male dan female pada port D-Sub dan HDMI

Serta tak kalah pentingnya, agar tak salah beli converter, perhatikan converter port yang Anda beli antara apakah berjenis ‘male/jantan’ atau ‘female/betina’. 

2. Atasi masalah terlebih dahulu

Pertama kali memasangnya, saya mengalami masalah seperti monitor yang lama tiba-tiba tidak tampil atau ‘no signal’ setelah menyambungkan monitor baru, padahal sebelumnya normal-normal saja.

Jika Anda mengalami hal yang sama, Anda bisa cek pada artikel ini:

3. Atur Layar

Jika semuanya sudah tersambung, dan kedua monitor sudah tampil dari Komputer yang sama. Langkah terakhir Anda cukup mengatur setelan ‘Display Settings’ pada sistem operasi yang Anda pakai. Disini saya menggunakan sistem operasi Windows 10.

Pertama, masuk ke Display Setting

  1. Buka pengaturan layar, caranya tekan Windows Key + X, kemudian pilih Settings, selanjutnya pilih System.
  2. Nah dibagian System pilih menu Display

Kedua, atur posisi monitor

Adapula yang tak kalah penting, yakni mengatur posisi yang sesuai dengan letak monitor yang Anda simpan. Jika monitor kedua berada disamping kiri, aturlah posisi monitor kedua berada disamping kiri dari monitor pertama.

Atur posisi dengan presisi, agar feel yang didapatkan lebih terasa natural dan memudahkan Anda ketika berpindah kursor mouse antar monitor. Walaupun tak sama ukurannya, tetapi bagian bawahnya sejajar, maka dari itu patokan yang saya ambil berada dibagian bawah, jadi patokannya ketika kursor berpindah dibagian Taskbar sama.

Karna jika tidak disesuaikan, Anda akan kebingungan ketika berpindah kursor dari monitor pertama ke yang kedua.

Ketiga, atur resolusi layar

Atur resolusi sesuai dengan spesifikasi monitor masing-masing, disini monitor yang saya pakai untuk Monitor 24 inci beresolusi 1920 x 1080 piksel, dan monitor yang 14 inci beresolusi 1360 x 720 piksel.

  1. Untuk mengaturnya masih dibagian Display Settings, pertama jangan lupa klik Monitor 1 atau Monitor 2 yang berada dibagian atas, sampai berwarna biru. Klik Identify jika tak tahu monitor mana yang menjadi No 1 / 2.
  2. Kemudian dibagian Display resolution, dan pilih resolusi yang sesuai.

Keempat, atur orientasi layar

Agar menyesuaikan orientasi, jika layar Anda berada diposisi vertikal pilih Landscape, namun jika posisinya horizontal pilih Potrait, seperti halnya pada gambar yang ada di thumbnail

Untuk mengaturnya berada dibagian Display Orientations

 

Kelima, atur multiple displays

 

Ada empat pengaturan multiple display, diantaranya:

  • Duplicate these display: Output yang tampil dari monitor 1 dan 2 akan sama
  • Extend these display: Output yang tampil dari monitor 1 dan 2 akan luas dan terhubung
  • Show only on 1: Output yang tampik akan hanya tampik pada monitor 1 saja
  • Show only on 2:  Output yang tampik akan hanya tampik pada monitor 1 saja

Untuk yang saya pakai pilih mode Extend these display, jadi antara monitor 1 dan 2 memiliki peran masing-masing. Contohnya monitor utama digunakan untuk menulis artikel, dan monitor kedua untuk searhing di Google.

Adapun cara mudah untuk mengganti mode multiple displays, caranya tekan Windows Key + P secara bersamaan di Keyboard

Keenam, mengganti monitor utama

Nah yang terakhir, Adalah menentukan monitor mana yang menjadi monitor utama. Seperti fitur Windows Search dan Show hidden icon hanya muncul dimonitor utama saja, cara mengaturnya sebagai berikut:

  1. Masih dipengaturan Display Settings, pertama jangan lupa klik Monitor 1 atau Monitor 2 yang berada dibagian atas, sampai berwarna biru. Klik Identify jika tak tahu monitor mana yang menjadi No 1 / 2 berada.
  2. Setelah itu geser kebawah, centang kotak ‘Make this my main display.
  3. Nantinya pengaturan monitor utama akan berpindah ke monitor yang Anda pilih.

Penutup

Kurang lebih seperti itulah cara setting pada setup dual monitor pada satu komputer, cara ini juga sepertinya bisa Anda aplikasikan pada setup Triple Monitor (3 Monitor), Fourth Monitor (4 Monitor) atau lebih.

Semoga tutorial yang kami sampaikan ini dapat membantu, jika ada pertanyaan bisa tuliskan dikolom komentar bawah.

Baca juga:

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here