Cara Mengatasi Whatsapp Yang Terkena Hack

0
Cara Mengatasi Whatsapp Yang Terkena Hack

EvoTekno.com – Whatsapp telah menjadi salah satu aplikasi chatting primer bagi sebagian besar orang. Di mana yang sebelumnya banyak orang mengandalkan Short Message Service (SMS) sebagai media berkomunikasi, kini telah digantikan oleh Whatsapp yang memiliki fitur lebih banyak dan menarik serta penggunaannya yang sangat mudah. Bahkan anak-anak pun sudah bisa menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi.

Dengan Whatsapp Anda tidak hanya bisa mengirimkan chatting dalam bentuk teks saja. Tetapi juga memungkinkan Anda untuk melakukan video call, voice note, mengirim gambar, hingga mengiriman dokumen dengan berbagai format. Bahkan dari segi biaya, penggunaan Whatsapp jauh lebih murah karena hanya mengandalkan kuota. Sedangkan jika Anda menggunakan SMS, maka pulsa yang digunakan akan lebih banyak.

Namun, saat ini penggunaan Whatsapp tidaklah selalu aman. Ada hacker yang menjelajah untuk bisa menyusup ke dalam akun Whatsapp Anda sewaktu-waktu. Jika sampai Anda mendapat hack, maka hal ini akan mengakibatkan kerugian bagi Anda sendiri.

Malware Yang Disebarkan Melalui Whatsapp

Ada berbagai kejahatan yang bisa disebarkan ke Whatsapp Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Skygofree

Skygofree adalah malware berbahaya yang mampu untuk meretas dan melihat pesan di Whatsapp Anda bahkan sampai mengambil foto dengan menggunakan kamera smartphone tanpa Anda ketahui. Tidak hanya itu saja, kejahatan ini juga bisa melacak lokasi keberadaan Anda serta rekaman audio dan melakukan pembobolan pada password

Dengan begitu, hacker pun berpeluang besar untuk mengetahui setiap aktivitas Anda. Apalagi bagi Anda yang memiliki akses internet banking, maka haruslah selalu waspada agar saldo Anda tidak dicuri.

  • Whatsapp Gold

Tidak sedikit pengguna Whatsapp yang tertarik jika ada tawaran untuk membuat penampilan yang baru pada Whatsapp Anda. Namun berhati-hatilah karena ada hacker yang menyebarkan virus berbahaya melalui ajakan agar Anda mengunduh Whatsapp Gold. Anda nantinya akan mendapatkan pesan berupa ajakan untuk meng-klik sebuah link yang mengarahkan untuk mengunduh Whatsapp Gold.

Jika sampai Anda meng-klik link tersebut, maka saat itu juga secara otomatis smartphone Anda akan terkena malware dan serangan cyber yang berisiko pada pencurian data pribadi Anda.

  • Tawaran Warna Baru Untuk Whatsapp

Modusnya hampir sama dengan Whatsapp Gold. Di mana penyebarannya dilakukan melalui pesan Whatsapp yang menawarkan fitur serta warna baru untuk Whatsapp Anda. Jika Anda ingin menggunakan fitur tersebut, maka terlebih dahulu Anda harus mengirimkan pesan kembali ke 10 nomor Whatsapp atau 5 grup Whatsapp. 

Jika Anda sampai mengikuti perintahnya, maka otomatis smartphone Anda akan memiliki banyak aplikasi serta muncul pemberitahuan bahwa smartphone Anda sedang dalam bahaya. Saat itu juga, smartphone akan banyak bermunculan iklan yang jika Anda klik maka sama saja memberikan keuntungan untuk para hacker.

  • Mendapatkan Pesan Organisasi

Hal ini kerap terjadi pada banyak pengguna Whatsapp. Di mana saat Anda menerima pesan secara berantai lalu ada perintah untuk membuka link, maka janganlah dipedulikan. Cukup menghapus saja pesan tersebut. Karena ada beberapa hacker yang mengatas namakan organisasi lalu digunakan untuk menyebarkan malware.

Jika Anda membuka link tersebut, maka risikonya adalah pencurian informasi yang ada di HP Anda. Malware ini bentuknya hampir sama dengan Word, Excel, dan PDF.

  • Video Call

Adanya fitur video call di Whatsapp juga digunakan oleh hacker untuk menyebarkan virus. Di mana mereka ingin mendapatkan data atau nomor Anda. Pesan yang disebarkan berupa layanan baru dari Whatsapp beserta lampirannya untuk proses pengunduhan.

Jika sudah diinstal, maka akan muncul survei yang memerintahkan Anda untuk mengisinya. Melalui cara inilah, data-data pribadi Anda bisa dicuri untuk disalahgunakan.

Cara Mengatasi Whatsapp Yang Terkena Hack

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan jika Whatsapp mengalami hack.

  • Menghapus Whatsapp dan Meng-install Ulang

Jika Whatsapp Anda di-hack, maka cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi Whatsapp dan meng-install ulang. Karena saat Whatsapp Anda hapus dan di-install ulang, maka Anda otomatis akan mendaftar lagi dari awal dengan kode verifikasi yang baru. Jadi, secara langsung Anda pun akan keluar dari perangkat lain. Dan akan terbebas dari hack tersebut.

  • Memberikan Informasi Pada Nomor Kontak Orang Terdekat

Saat Whatsapp Anda terkena hack, maka langsung beritahu nomor kontak dari orang-orang terdekat Anda. Seperti orang tua, saudara, kakak, adik, atau sahabat-sahabat Anda. Informasikan kepada mereka bahwasanya Whatsapp Anda saat ini sedang di-hack.

Kemudian mintalah mereka agar selalu berhati-hati jika ada pesan-pesan aneh yang dikirimkan dengan menggunakan nomor Anda. Karena dikhawatirkan hal ini juga akan merugikan orang-orang terdekat Anda.

  • Mengirimkan Email Ke Whatsapp Untuk Nonaktifkan Akun

Agar bisa dipastikan bahwa akun Whatsapp Anda tidak digunakan oleh orang lain yang berpotensi untuk melakukan perbuatan jahat, maka Anda bisa menonaktifkan akun tersebut dengan mengirimkan email ke dukungan Whatsapp. 

Anda bisa mengirimnya ke support@whatsapp.com dengan menuliskan subyek berupa “Lost/Stolen: Please Deactivate My Account” atau “Hilang/Dicuri: Silahkan nonaktifkan akun saya” yang Anda tuliskan di bagian badan email. Jika proses nonaktif sudah selesai, Anda memiliki waktu selama 30 hari untuk bisa mengaktifkan kembali akun yang sudah dihapus.

  • Mengaktifkan Two-Step Verification

Anda juga bisa menggunakan cara mengaktifkan Two-Step verification untuk mengatasi Whatsapp Anda yang sedang di-hack. Namun, jangan lupa untuk mengaktifkan Two-Step Verification yang ada di bagian bawah menu pengaturan dengan setiap pemasangan ulang. 

Karena saat kita mengaktifkannya, maka secara otomatis saat Anda masuk ke akun Whatsapp akan semakin diperketat. Walaupun Anda selaku pengguna maupun orang lain telah memiliki SIM Card yang nomor tersebut sudah terpasang di dalam Whatsapp. Hal ini dalam upaya menjaga keamanan dengan semaksimal mungkin.

Whatsapp kita yang telah di-hack oleh hacker otomatis akan memudahkan mereka untuk mengetahui semua data-data pribadi milik Anda. Pada akhirnya data-data tersebut akan digunakan untuk hal-hal yang jahat dan pastinya demi keuntungan mereka. Oleh karena itu, jika Anda mengetahui bahwa Whatsapp sedang mengalami hack, maka janganlah langsung panik. Melalui cara-cara tersebut bisa Anda pilih untuk mengatasinya demi memulihkan kembali akun Whatsapp Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here