Cara Mengatasi HP Terdeteksi Root Oleh Aplikasi Bank (Android)

0

Demi keamanan penggunanya, aplikasi Bank saat ini memiliki keamanan untuk memblokir pada smartphone Android yang terdeteksi root. Karna ketika root, perangkat akan gampang memasang aplikasi yang membutuhkan izin superuser.

Aplikasi apa yang membutuhkan izin superuser? Ada banyak, salah satunya Root Explorer yang dimana aplikasi file manager yang bisa membuka dan mengatur folder dan file sistem. Karna file manager biasa tak akan bisa melakukan hal tersebut.

Kembali ke topik, Anda saat ini sedang kesusahan membuka aplikasi Bank seperti BCA Mobile dan Jenius. Karena mendapat peringatan ‘perangkat terdeteksi sudah di-root’ yang dimana aplikasi bank melarangnya.

Nah bagi perangkat Anda yang saat ini dalam kondisi root kemudian terdeteksi ‘device rooted’ pada aplikasi tersebut? Untuk mengatasi hal tersebut, solusiny Anda harus install Magisk, karna aplikasi tersebut memiliki fitur Magisk Hide. Fitur yang dapat menyembunyikan status root.

Apa itu Magisk? singkatnya aplikasi yang dapat membuat perangkat Anda menjadi status root, seperti halnya SuperSU.

Syarat

Untuk dapat menyembunyikan status root, Anda bisa memasang aplikasi Magisk Manager.

Syarat utama untuk bisa pasang Magisk, dan untuk bisa pasang Magisk, perangkat Anda harus sudah unlock bootloader.

Untuk tutorial cara install magisk akan saya buat nanti, namun bila Anda sudah terpasang Magisk Manager, Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

Langkah-langkah

  1. Buka aplikasi Magisk Manager
  2. Kemudian tap ikon perisai untuk masuk ke menu MagiskHide kemudian tap menu tersebut.
  3. Setelah itu cari aplikasi bank yang Anda pakai, di sini saya menggunakan Jenius. Jika sudah ketemu, tandai Centang, dan juga tap dua kali ikon aplikasinya agar muncul pilihan centang lainnya.
  4. Jika sudah ditandai oleh MagiskHide sekarang buka, jika berhasil peringatan ‘Device Rooted’ akan hilang.

Catatan

Untungnya untk aplikasi Jenius, yang dimana rekening yang saya pakai bisa diatasi dengan MagiskHide.

Namun disini saya mencoba pada aplikasi bank lain, tetapi masih terdeteksi root. Untuk saat ini saya belum menemukan solusinya. Cuman dari beberapa sumber menyarankan untuk factory reset.Tapi tak saya lakukan tidak ada waktu untuk backup.

Jadi, tutorial ini saya anggap belum full. Akan saya update bilmana sudah melakukan beberapa tes. Karna kami tidak akan menyarankan atau membuat tutorial yang belum kami coba sendiri.

Informasi Penting 

Saran dari saya jika perangkat Anda terdapat aplikasi penting, terutama dalam kasus ini Bank. Mending jangan root perangkat Anda, karna perangkat akan sangat mudah dipasang aplikasi berbahaya.

Penutup

Semoga tutorial yang kami buat ini dapat membantu, jika ada pertanyaan dan saran Anda bisa menuliskannya pada kolom komentar bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here