Cara Blokir Iklan Tab Baru dan Pop-Up pada Browser Chrome, Opera dll (PC)

0
Cara Blokir Iklan Tab Baru (New Tab) dan Pop-Up Pada Browser Chrome, Opera dll
Cara Blokir Iklan Tab Baru (New Tab) dan Pop-Up Pada Browser Chrome, Opera dll

Setiap website punya kepentingan dan tujuan masing-masing. Ada yang tanpa iklan, iklan banner, pop-up dan iklan tab baru (New Tab).

Tentu tujuannya untuk mendapatkan keuntungan atau sekadar pemasukan untuk biaya server saja.

Tapi tidak semuanya suka dengan iklan-iklan tersebut, saya sendiri untuk iklan banner dan pop-up tak masalah. Tetapi untuk iklan new tab ini sedikit mengganggu saya, bahkan menghambat aksi kita dalam berselancar di internet.

Pastinya setiap orang punya hak masing-masing apakah ingin ada iklan atau tidak. Saya sendiri hanya memblokir iklan new tab saja.

Blokir Iklan Pop-up & Redirect

Untuk blokir iklan pop-up tak perlu pakai ekstensi, beberapa browser seperti Chrome menyediakan pengaturannya.

  1. Buka pengaturan pada browser yang Anda pakai, lalu pada pencarian pengaturan masukan saja “Pop-up” nantinya Anda akan diarahkan pada pengaturannya.
  2. Nah, pada bagian “Tidak diizinkan mengirimkan pop-up atau menggunakan pengalihan” klik “Tambahkan” selanjutnya masukan domain website (contoh: evotekno.com).Blokir Pop-Up Pengaturan Chrome

Nantinya hal atau fitur yang berbau pop-up & redirect akan terblokir pada website evotekno.com.

Tenang untuk website lain tidak akan berpengaruh, selagi tidak Anda masukan pada daftar.

Blokir Iklan Tab Baru (New Tab)

Untuk jenis iklan ini, saya tidak menemukan pengaturan dibrowser. Jadi jalan terakhir, Anda harus pakai ekstensi.

Berikut rekomendasi ekstensi yang bisa Anda pakai, ini paling ampuh sebab saya sudah mencoba 3 ekstensi new tab blocker, hanya ini yang berfungsi dengan baik:

  1. Pertama klik link ekstensi Poper Blocker, lalu klik “Add to Chrome“, nantinya akan muncul pop-up konfirmasi instalasi, klik “Tambahkan ekstensi“.Install Ekstensi Poper Blocker - Google Chrome
  2. Nah, setelah berhasil terpasang, sebenarnya ekstensi langsung aktif. Namun jika Anda ingin menonaktifkannya, bisa cek pada menu ekstensi.
    Aktifkan EKstensi Poper Bloker - Chrome
    Tombol on / off, untuk memblokir iklan yang memunculkan tab baru terus.
  3. Sekarang Anda coba akses pada website yang selalu memunculkan tab baru terus, ketika kita sedang mau klik. Jika berfungsi dengan baik, biasanya ekstensi tersebut akan otomatis mendeteksi, dan menghentikan pembuatan tab baru.

White list (Izinkan Iklan)

Mungkin jika ekstensi tersebut memasukan website lain kedalam daftar blokir. Padahal tidak begitu mengganggu, dan Anda tak bisa membuka tab baru.

Maka, Anda harus memasukan ke dalam daftar putih:

  1. Buka ekstensi Poper Blocker, klik ikon titik tiga, lalu pilih Options
  2. Terkahir, Anda tinggal memasukan domain website, pada “Situs Dalam Daftar Putih”, yang artinya Anda megizinkan jenis overlay pop-up atau new tab pada web yang terdaftar.Daftar Putih website Poper Blocker

Atau jika malas untuk memasukan ke dalam daftar, sebenarnya Anda cukup klik “Izinkan” setiap ekstensi memberitahukan opsi untuk Anda yang akan muncul di sudut kanan atas.Izinkan Iklan - Poper Bloker - Chrome

Privasi

Sebelum instal ekstensi, Anda diperintah untuk menyutujui kebijakan ekstensi yakni memperbolehkan ekstensi untuk melihat informasi website yang Anda kunjungi.

Nah, jika Anda tidak setuju, tapi masih ingin pakai. Saran dari saya, Anda bisa pasang ekstensi tersebut pada profil Chrome lain.Profil Chrome - Tambahkan

Tutorial Versi Video

Penutup

Seperti yang saya katakan sebelumnya, untuk iklan banner dan pop-up secara pribadi saya tidak menggunakan ad-blocker. Namun untuk iklan yang membuat tab baru ini berbeda cerita haha.

Well, seperti itulah caranya, semoga dapat membantu. Jika ada pertanyaan, Anda bisa menuliskan komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here