Review WMS WiFi.id, Pengalaman Selama 1 Tahun Memakai

0

EvoTekno.com – WMS (WiFi Managed Service) adalah salah satu layanan dari Telkom, lebih tepatnya produk dari WiFi.id. WMS cocok bagi Anda yang memiliki usaha seperti cafe dan bisnis yang melibatkan bisnis tempat orang-orang yang sering berkumpul.

Untuk dapat berlangganan WMS, Anda bisa langsung mendatangi gerai Telkom terdekat. Walaupun Anda akan di tawari Indihome, dibandingkan WMS. Ya, memang WMS tidak dipajang pada brosur tak tahu alasannya kenapa Telkom tidak begitu mempromosikan WMS ini. Asumsi saya WMS ini menargetkan kepada konsumen tertentu saja.

Alasan Kenapa Pilih

Sebelumnya saya adalah pengguna Indihome dengan paket 20 Mbps. Kemudian berpindah ke WMS dengan alasan membutuhkan kecepatan upload yang tinggi. Minimal 10 Mbps yang saya butuhkan untuk kecepatan upload-nya. Namun jika memilih Indihome untuk mendapatkan 10 Mbps upload perlu berlangganan paket yang 50 Mbps, tentunya dari segi harga cukup memberatkan bagi saya.

Sebab, untuk WMS ‘paket silver 20 Mbps’ perbandingan kecepatan WMS sekitar 1 banding 1 download dan upload.

Tes kecepatan WMS Telkom di Speedtest.net

Tetapi jika Indihome dengan paket yang 20 Mbps juga, rasio kecepatannya 1 banding 5 saja, yang dimana untuk paket tersebut, kecepatan download tetap 20 Mbps namun upload-nya hanya 4 Mbps saja.

Pendaftaran

Apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar?. Untuk pendaftaran hanya perlu KTP saja, kemudian nantinya akan survey ke alamat venue untuk menentukan apakah Anda diterima atau tidak.

Adapun formulir lainnya yang perlu di isi seperti alamat e-mail, username yang nantinya berguna untuk pengelolaan akun WMS. Serta nama SSID, yang berguna untuk login ke koneksi WMS.

Proses Pemasangan

Setelah semua persayaratan berhasil disetujui, proses pemasangan pun segera dilaksanakan. Untuk jalur yang digunakan sama seperti Indihome, WMS Telkom memakai koneksi dari fiber optik. 

Pada proses pemasangan, saya mendapatkan dua perangkat yang dipinjamkan yaitu Router merek Huawei dan Access Point merek Cisco, berbeda dengan Indihome hanya modem saja.

Apakah pemasangan gratis? Ya. gratis. Tapi saya disini memberikan tip kepada teknisi sebagai bentuk bantuan atas jasanya.

Kemudian setelah berhasil di pasang. WMS tak langsung aktif dihari tersebut,  perlu menunggu 24 jam sampai SSID muncul dan juga beberapa penyesuaian yang harus diperlukan oleh teknisi. Kurang lebih satu minggu sampai benar-benar bisa dipakai

Setelah itu, Anda juga akan mendapatkan e-mail untuk memberitahukan username dan password akun WMS:

Disini saya mendapatkan 1 SSID, yakni yang SSID venue saja (Fauzi@wifi.id), sebab saran dari teknisi agar lebih stabil dan tidak dipakai oleh orang yang tidak dikenal terutama SSID publik seperti @wifi.id.

Walaupun Anda bisa request SSID lainnya ke pihak Telkom untuk menambahkannya. Umumnya Anda akan mendapatkan 3 SSID seperti:

  • SSID Venue: namavenue@wifi.id
  • WiFi.id (Publik): @wifi.id
  • Seamless: seamless@wifi.id’

Oh iya untuk mengubungkan antara WMS dengan perangkat, hanya bisa melalui koneksi wireless saja, tidak seperti IndiHome harus menggunakan kabel RJ45. Jadi jika ingin menghubungkan dengan PC Desktop Anda harus menggunakan receiver Wi-Fi. Disini saya menggunakan receiver murah saja, merek TP-LINK TL-WN722N.

Pengalaman Memakai WMS (WiFi.id) Telkom

Pada saat artikel ini dibuat, saya masih memakai WMS, hampir satu tahun lebih dan sampai sekarang masih aktif.

Mengenai pengalamannya, jujur tidak begitu memuaskan. Alasannya saya akan pisahkan antara kelebihan dan kekurangan

Kelebihan

  • Tanpa FUP, benar-benar unlimited
  • Kecepatan setara antara download dan upload
  • Browsing dan download/upload lancar

Kekurangan

  • Setiap harinya akan meminta untuk login, jadi setiap sehari sekali akan otomatis disconnect. Walaupun masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan mikrotik.
  • Untuk game online, WMS tidak stabil dari banyak game yang saya coba. Terutama pada game favorit saya sering mainkan yakni CS:GO, entah kenapa WMS sering kedapatan loss 1-10% setiap beberapa menit sekali.

Saya kurang begitu paham, kenapa untuk game online sering terjadi loss. Namun saya tes ping ke situs facebook.com di command prompt. Dari 115 request, yang berhasil diterima sekitar 112 dan 3 kali request time out (RTO) atau request gagal.

Tes ping ke Facebook.com, dari 115 detik request, yang berhasil 112, dan 3 gagal. | Review WMS Telkom

 

Bisa Anda lihat di-screenshot, loss saya dapatkan sekitar 3%, dan hal ini terus berulang secara terus menerus antara 2 menit sekali. Mungkin masalah ini juga yang menyebabkan loss pada pada game online.

Katanya tidak begitu memuaskan kok masih pakai? Sebenarnya untuk berselancar di internet, mengujungi situs web, download dan upload, tidak mengalami masalah, maka dari itu saya tetap memakainya. Loss yang terjadi di Facebook tersebut tak terasa, bahkan nyaman-nyaman saja saat berselancar di facebook

Namun loss akan terasa mengganggu pada kinerja yang realtime seperti game online terutama genre First Person Shoting (FPS) seperti CSGO, PUBG dan Point Blank yang membutuhkan membutuhkan ping cepat dan stabil. Akibatnya gameplay terasa ‘patah-patah’ dan pastinya sangat tidak nyaman.

Apakah WMS Cocok Untuk Anda?

Nah kesimpulannya, kembali lagi dari kebutuhan Anda untuk apa. Jika digunakan untuk browsing, download dan upload biasa, menurut saya cocok-cocok saja. Apalagi penggunaan publik seperti bisnis cafe dan gerai, mengingat WMS Telkom tidak ada FUP jadi tak perlu khawatir mikirin kuota.

Gimana jika kebutuhannya untuk game online? pertanyaan dari saya, game apa yang Anda mainkan? jika game FPS Anda harus pikir-pikir panjang, tapi untuk game MMORPG, mungkin tak jadi masalah.

Apakah untuk live streaming lancar? saya sering live streaming Facebook dan YouTube WMS cukup stabil, Anda bisa cek [disini]

Penutup

Kesimpulan lainnya, lebih baik Anda melihat juga dari reviewer lain, pasalnya setiap orang berbeda-beda pengalamannya. Pasalnya masalah-masalah yang terjadi penyebabnya cukup banyak, bisa karna salah dari saya ataupun dari WMS itu sendiri.

Mungkin ada pertanyaan lain seperti: Apakah kedepannya saya akan berhenti berlangganan? Ya akan. Jika keadaan uang cukup mumpuni, kedepannya saya berencana pindah lagi ke Indihome. Mengingat didaerah saya cuma Indihome haha!.

Well, Indihome cukup stabil lho koneksi internetnya. RTO terjadi ketika gangguan saja, saat lancar ya stabil, tak pernah RTO setiap beberapa menit seperti hal nya yang terjadi pada WMS. Yang saat ini menajadi masalah untuk saya, hanya dari segi harga. Bilamana keuangan sudah bagus mungkin saya akan menggunakan paket 50 Mbps atau lebih.

Terakhir mengenai harga berlangganan, menurut yang tercantum di halaman wifi.id/wms:

  • Paket Silver 20 Mega bit perdetik = Rp 470.000
  • Paket Gold 50 Mega bit perdetik = Rp 950.000
  • Paket Platinum 100 Mega bit perdetik = Rp 1500.000

Rincian mengenai layanan yang lebihdetail, Anda bisa mengujungi halaman: wifi.id/wms

Untuk paket silver yang saya pakai.Tiap bulan kurang lebih membayar Rp 380.000 sudah termasuk pajak. Loh, kok beda? mungkin tiap daerah harga bisa berbeda-beda.

Itulah review WMS (Telkom) dari saya Fauzi Fadillah dari EvoTekno. Jika ada pertanyaan Anda bisa menuliskannya pada kolom komentar bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here