Pengalaman Kebobolan dan Mengatasi Saldo DANA Hilang Rp 800.000!

0
Pengalaman Kebobolan dan Mengatasi Saldo DANA Hilang Rp 800.000!
Pengalaman Kebobolan dan Mengatasi Saldo E-Wallet DANA Hilang Rp 800.000!

Langsung saja tanpa basa-basi ya, ini pengalaman pribadi dan saya tulis sejujur-jurnya.

Kronologi

  • Kejadian 18 Juni 2022
  • Pada jam 5 saya bangun, lihat HP biasanya cek medos, normal tidak ada apa-apa yang terjadi.
  • Selanjutnya saya simpan lagi HP nya di kasur, selanjutnya beranjak kaki langsung buka PC dan berselancar.
  • Kemudian 8 pagi saya cek HP dan melihat banyak SMS kode OTP dari DANA, dan saya pun langsung lihat aplikasi dengan tegannya, sesuai dugaan buruk, saldo saya sisa sekitar Rp 27.000
  • Dari situ sana saya panik parah, tak langsung hubungi pihak Dana, namun saya tanya-tanya dalu di media sosial; dan ternyata tak sendiri banyak yang mengalami hal serupa.
  • Karna saya melihat ada yang berhasil kembali uangnya, saya pun langsung mempersiapkan laporannya.
  • Yang saya persiapkan adalah beberapa screenshot dari riwayat transaksi yang mencurigakan, tak cukup dari situ, saya juga rekam juga supaya memperkuat bukti bahwa screenshot tersebut asli.

Berapa jumlah kehilangan? yang hilang itu sekitar 800 ribu.

Uniknya pembobolan ini, seperti memiliki pola yang sama seperti yang terjadi pada korban-korban lain

  • rata-rata transaksi sekitar Rp 20K-25K
  • rata-rata transaksi per menit (ini yang membuat saya curiga kuat karna hacking, sebab tangan manusia tak akan secepat itu untuk melakukan transaksi dari beberapa merchant, asumsi saya meyakini bahwa ini pakai tool dan tentunya bukan saya)

Oke kita langsung ke proses pelaporan

Proses Pelaporan

Untuk melaporkan masalah ini, saya menghubungi via e-mail: help@dana.id

  1. 18 Juni 2022, pesan pertama, saya melaporkan telah kehilangan 800 ribu, dan sedikit menceritakan kronologi serta mengirimi beberapa screenshot.
  2. 18 Juni 2022, kemudian beberapa menit kemudian ada balasan dengan isi pesan pertanyaan, tak lama saya juga langsung isi.Pertanyaan Nomor - Saldo DANA Hilang -
    • Isi sesuai dengan kronologi dan data yang sesuai dengan akun Dana Anda.
  3. Setelah membalas pertanyaan di atas, 19 Juni 2022, ada balasan lagi berisi pertanyaan dan permintaan foto KTP, selfie dan Surat Pengaduan Pengguna. Untuk surat pengaduan Anda bisa download file yang diberikan dari pihak DANA.Foto KTP - Selfie - Surat Pengaduan Pengguna - SALDO DANA HILANG
    • Nantinya pada surat pengaduan isi data dan jelaskan kronologi sejujur-jujurnya, jangan dilebih-kurangkan karna ini menyangkut perjanjian hukum antar kedua belah pihak.
    • Langkah selanjutnya saya pun upload foto dan surat penganduan yang sudah diisi.
  4. Sekitar tanggal 20 Juni 2022 saya mendapat panggilan telepon dari pihak DANA, dari panggilan tersebut tim fraud menanyakan beberapa pertanyaan seputar kronologi dan data pribadi, semacam tanya “nomor telepon, alamat, nama, perangkat yang digunakan, apakah pernah login, klik link dll”
  5. 21 Juni 2022, ada balasan lagi, kali ini meminta persetujuan untuk akun dibekukan dan tuntutan terhadap Dana, kalau setuju jawab dengan “Ya”
    • Saya pun jawab “YaPersetujuan Pemeriksaan - SALDO DANA HILANG
    • Jika tidak setuju, pelaporan dan pengembalian saldo tidak akan diproses ke tahap selanjutnya.
  6. Tanggal 23 Juni 2022 ada telepon lagi, pertanyaannya tentang persetujuan pembekuan dan beberapa pertanyaan personal.
  7. Hasilnya pada tanggal 27 Juni 2022! ada kabar bagus, bahwa uang saya telah dikembalikan sesuai dengan nominal yang hilang.Saldo DANA Sudah kembalikan

Tips

1. Menghitung jumlah kehilangan

Hitung jumlah kehilangan dengan jujur, jangan dilebih-lebihkan, nah cara termudah mengetahui yang hilang. Anda bisa ke menu profil, lalu masuk ke menu ‘Expenses’ disana akan terlihat jumlah pengeluaran perharinya.

Karna tanggal 18 tak ada transaksi dari saya pribadi, jadi saya melihatnya dari tanggal tersebut..

2. Apakah saya akan tetap pakai DANA?

Saat ini

Untuk menyimpan uang banyak? tidak, selama DANA belum menyediakan verifikasi tambahan pada merchant-merchant besar, karna saya sendiri masih takut.

Tapi saya akan tetap pakai dan tak akan menghapus akun DANA, sebab ada beberapa pembayaran yang memerlukan DANA sepertihalnya beli tiket bioskip di aplikasi TIX ID, dan yang lainnya. Mungkin akan saya gunakan hanya untuk pemakaian sekilas saja.

Ini saja setelah mendapat refund langsung saya dipindahkan ke digital bank yang saya miliki.

Riwayat Transaksi Saldo DANA Sudah di kembalikan
Jumlahnya yang di refund sekitar Rp 79X.XXX

3. Apakah ada solusi agar saldo aman?

Mungkin Anda tak bisa lepas dari Dana dengan alasan tertentu?

a. Pindahkan ke Dana Goals

Tak perlu khawatir ada solusi terbaik.

  1. Jika Anda punya saldo yang harus disimpan, pada e-wallet DANA, solusinya pindahkan ke Dana GoalsDana Goals - balance - pengeluaran - dana premium
  2. Caranya masuk ke menu profil, lalu pindahkan dari saldo Balance ke Dana Goals

Emang gimana bisa jadi aman? karna untuk transaksi harus tersimpan di saldo balance. Contohnya uang Anda Rp 100.000 semua tersimpan di Dana Goals, lalu pada balance hanya Rp. 0, tentunya Anda tak akan transaksi beli pulsa atau merchant lannya, maka solusinya Anda harus mengembalikan lagi dari Dana Goals ke balance.

Jadi Dana Goals itu semacam dompet tabungan.

B. Rutin Ganti PIN

Karna maraknya kejahatan cyber seperti ini, sangat disarankan ganti PIN secara berkala.

Mengingat saat transaksi Codashop, cukup dengan nomor telepon & PIN, transaksi bisa dilakukan, walaupun Anda sedang tak pakai HP.

Tapi dengan cara (a.) saja sudah cukup aman menurutku.

4. Bagaimana agar uang bisa kembali dan aman?

Uang kembali tentunya dengan pemeriksaan dari tim DANA.

Tapi ada satu faktor penting lainnya yakni DANA Protection, jelasnya bisa lihat pada laman ini: Dana.id

Singkatnya Dana memberi jaminan uang kemabali bila pengguna mengalami kecurangan (abuse) dan masalah transaksi dan untuk mengaktifkan DANA Protection adalah verifikasi akun dengan KTP, menjadi dana Premium:

Lalu bagaimana bagi yang belum verifikasi, tapi sudah kebobolan? untuk jelasnya Anda bisa langsung tanya ke costumer service.

5. Hal yang perlu diketahui saat pelaporan

6. Bang pasti HP mu kena sadap atau remote?

Saya meyakini, tidak mungkin!.

Kenapa? karna jika betul HP saya kena sadap, seharusnya akun-akun lain (YouTube, Google, Bank Digital, Crypto) yang tertaut dengan nomor ini akan kena juga, bahkan yang tidak tertaut pun akan kena, karna HP saya “sudah di kuasai”.

Tapi ini tidak ada, aktivitas mencurigakan hanya terdapat pada DANA saja, muncul SMS kode OTP terus menerus dari DANA, itupun tanggal 18 doang.

Lagipun HP saya tepasang keamanan Face ID, sedangkan gangguan dari orang sekitar hampir tak mungkin, karna di kamar pun sendirian.

Tutorial Versi Video

Untuk beberapa detail, Anda bisa lihat tutorial versi video

Penutup

Kepercayaan tak akan pulih secepat itu, tapi sekali lagi, saya akan tetap pakai DANA sekilas saja untuk saat ini, terutama jika belum ada verifikasi tambahan saat transaksi.

Terima kasih juga kepada pihak DANA dan tim yang sudah membantu dan mengembalikan uang saya.

Seperti itu tutorial dan informasinya, semoga dapat membantu. Jika ada pertanyaan dan tambahan, Anda bisa menuliskan komentar di bawah.

Baca juga artikel terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here