Cara Staking Aset Kripto di Binance (BNB, TKO, Cake dll)

0
Cara Staking Kripto di Binance
Cara Staking Kripto di Binance

EvoTkeno.com – Sebelumnya saya membuat cara staking aset kripto di PancakeSwap. Pada kali ini saya akan staking pada exchange terkenal secara Global, yakni Binance.

Kebetulan hari ini juga, token TKO baru saja merilis program staking di Binance, karna saya holder TKO, dari situ juga saya langsung mulai staking dan sekalian membuat tutorialnya.

Jika Anda tidak tau staking, penjelasan singkatnya staking itu seperti menambang yang tak perlu hardware, karena memanfaatkan algoritma konsensus Proof-of-Stake. Jadi dengan Anda menyimpan dan mengunci aset, Anda akan mendapatkan keuntungan dan aset Anda akan bertambah sesuai dengan persentase yang ditawarkan.

Disclaimer! Disini saya Fauzi F selaku salah satu penulis di EvoTekno.com masih pemula juga, belum lama terjun di dunia kripto, hanya ingin berbagi pengalaman saja. Selain itu evotekno.com tidak menyarankan token atau koin manapun, Anda harus punya referensi masing-masing, tutorial dibawah ini hanya contoh saja.

Pilihan Staking di Binance

Ada 5 pilihan:

  • Savings
  • Locked Staking
  • Launchpool
  • BNB Vault
  • ETH Vault

Setiap stake tersebut memiliki tujuan masing-masing, untuk detailnya Anda bisa baca langsung di Binance dan alangkah baiknya baca sumber lain juga.

Nah, kali ini saya akan mencontohkan dan memilih Locked Staking alasannya lebih banyak pilihan koinnya dan juga bunga yang didapatkan cukup besar.

Locked Staking, nantinya aset kripto Anda akan terkunci sesuai periode yang Anda pilih.

Berikut referensi yang dapat Anda baca tentang locked staking di Binance: Binance

Persiapan

Berbeda dengan staking pools di PancakeSwap, untuk dapat stake Anda harus punya token Cake.

Tetapi di Binance, Anda harus punya koin masing-masing. Contoh jika Anda ingin staking TKO, Anda harus punya token TKO terlebih dahulu, begitu juga bila staking BNB Anda harus punya koin BNB.

Nah, maka dari itu Anda harus beli koinnya dulu pada market Spot di Binance.

Setiap koin punya jumlah minimal Stake, seperti TKO minimal 1 TKO, BNB minimal 0.02 BNB dan yang lainnya juga berbeda. Jadi jangan sampai kurang depositnya ya hahaha entar malah harus deposit lagi.

Langkah-langkah

  1. Pertama pastikan Anda sudah punya koinnya, dan sudah menargetkan koin apa yang akan di stake. Pada kali ini saya akan stake TKO, dan jumlah tokennya hanya 14 TKO saja.
  2. Untuk memulainya klik menu ‘Finance‘ lalu pilih ‘Earn’. Jika laman Binance Anda berbahasa Indonesia (Menu Finance tertulis ‘Keuangan’ dan Earn tertulis ‘Penghasilan Binance’) [Klik Disini]
  3. Scroll ke bawah, pilih ‘Locked Staking’
  4. Ada dua pilihan antara Locked Staking dan DeFi Staking, pilih yang ‘Locked Staking‘. Kemudian koin mana yang Anda pilih, klik ‘Stake NowBinance - Earn - Locked Staking - TKO - Staking Now
  5. Selanjutnya pilih durasi pengunciannya, biasanya setiap durasi berbeda-beda APY yang ditawarkan, kemudian masukan jumlah koin yang akan Anda masukan ke Stake.
  6. Terakhir klik centang dan ‘Confirm purchaseTKO Amount - Staking Crypto Binance

Biasanya jika berhasil akan tertulis ‘Subcription Success’. Lalu koin yang Anda staking tadi akan berpindah dari wallet Spot ke wallet Earn

F.A.Q

Pertanyaan yang sering diajukan

Dimanakah kita melihat koin yang di stake?

Untuk melihatnya Anda bisa melihat pada menu dompet Earn, kemudian pilih ‘Locked Staking’, lalu pilih ‘Locked’Earn Wallet - Binance - Locked Staking

Disana juga Anda bisa melihat pendapatan koin tambahan yang didistribusikan setiap hari.

Bagaimana cara tahu bunga yang kita dapat?

Estimate Interest - Estimasi Bunga Staking Binance
1.49 TKO adalah estimasi pendapatan yang akan Anda dapat selama 15 hari lock staking.

Mudahnya sebelum melakukan staking, Anda bisa melihat estimasi bunganya, seperti pada screenshot di bawah ini.

Atau bisa cek tutorial cara mudah menghitungnya pada artikel ini:

Apakah bisa kita membatalkan staking di Binance?

Walaupun tertulis locked staking, sebenarnya bisa. Anda bisa masuk ke dompet ‘Earn’ seperti pada cara di atas. Lalu klik ‘Redeem Earlier/Tebus lebih awal’.

Namun jika membatalkan staking, bunga yang Anda dapatkan akan hangus.

Lalu setelah dibatalkan kemana koin perginya? Koin yang Anda batalkan tadi, akan kembali lagi ke wallet Spot.

Jelasnya Anda bisa cek pada tutorial versi video

Apakah persentase akan berubah saat staking?

Tidak.

Mungkin Anda melihat persentase berubah dari 50% ke 20% pada menu ‘Earn’. Tapi pada staking sebelumnya tidak akan berpengaruh artinya persentase bunganya tidak akan berubah.

Apakah ada fee saat proses stake?

Bisa Anda lihat sendiri pada setiap langkah-langkahnya, staking tidak ada biaya sedikit pun.

Tutorial Versi Video

Penutup

Begitulah cara staking aset kripto di Binance, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan seputar kripto, atau hanya berdiskusi? tuliskan sekarang dikolom komentar bawah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here