Cara Daftar Akun Bibit, Tempat Investasi Reksa Dana dan Impresi Pertama Pakai Bibit

0

EvoTekno.com – Saat ini Investasi sedang populer diperbincangkan oleh semua kalangan entah itu dari Baby Boomer hingga Gen Z. Kenapa bisa populer? menurut pendapat pribadi pertama karna banyak yang membahasnya di media sosial, kedua mulai banyak bermunculan influencer saham dan investasi yang memberi rekomendasi serta penjelasan, dan terakhir saat ini mulai banyak aplikasi-aplikasi yang memudahkan investasi secara online tanpa perlu lagi ke kantor Bank atau Sekuritas.

Saya sendiri selaku penulis disini masih pemula dan baru mempelajarinya. Tentunya Anda harus ikut belajar juga bersama. Yang pasti Anda harus belajar dari beberapa sumber juga, sebab ini menyangkut uang. Karna menurut beberapa ahli keuangan sebelum terjun ke dalam investasi apalagi trading, Anda harus memperbanyak ilmu dan literasi mengenai keuangan dan bisnis agar kita menjadi investor bukan spekulator.

Berikut Anda bisa dengar perbedaan Investasi versus Spekulasi, menurut Doddy. Sekali lagi ingat ya, saat mengambil informasi jangan dari satu sumber saja!.

Apa itu Reksa Dana?

Singkatnya menurut UU Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 Pasal 1 ayat 27 Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Lebih jelasnya Anda bisa cek di: ojk.go.id

Apakah Bibit Aman?

Sebelum menyimpan uang, pastinya Anda wajib memeriksa platform yang Anda pakai. Bibit sudah terdaftar ijin resmi sebagai Agen Penjual Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga yang independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan.

Maka Bibit bisa dibilang aman, sebab untuk terdaftar pada lembaga tersebut memerlukan syarat yang tak mudah. Serta Bibit juga tidak menyimpan uang para investor melainkan Bank Kustodian, sekalipun Bibit tutup uang Anda tersimpan di bank tersebut.

Anda bisa cek disini: reksadana.ojk.go.id

Bagaimana Cara Daftar Akun Bibit?

Untuk daftar ada syarat wajib yang harus dipenu di antaranya:

  • Sudah berumur 18 Tahun
  • KTP
  • Alamat email
  • Nomor Telepon

Anda dapat mengunduh Bibit di Google Play Store dan App Store, Bibit juga bisa Anda akses melalui browser. Namun saat ini saya mencontohkan daftar menggunakan Android, soalnya ada beberapa tahap yang membutuhkan kamera HP.

Langkah-langkah

Isi semua data sesuai dengan KTP, pasalnya membuka rekening Bibit sama saja dengan membuat rekening Bank.

  1. Buka aplikasi Bibit, setelah itu tap Register, lalu masukan Tanggal Lahir.
  2. Kemudian isi pertanyaan yang sesuai dengan diri Anda
  3. Anda juga akan ditanya soal investasi, yang nantinya menentukan rekomendasi kompisi dari Robo Advisor, lalu tap Lanjut Registrasi
    Saya sendiri kaget dapat profil Investor Agresif, padahal hanya berbekal pengetahuan dasar investasi
  4. Pertama masukan Nomor Handphone Anda, setelah pada laman Registrasi masukan Email dan informasi diri Anda, seperti:
    • Nomor Telepon (1/4)
    • Email (2/4)
    • Pendidikan Terakhir (2/4)
    • Pendapatan Pertahun (2/4)
    • Sumber Penghasilan (2/4)
    • Nama rekening Bank yang Anda pakai sekarang (3/4)
    • Nomor Rekening Bank (3/4)
    • Nama Pemilik Rekening (3/4)
    • Foto KTP, foto KTP dengan kamera yang ada pada HP Anda. (3/4)
    • Foto Selfie dengan KTP yang sedang Anda pegang (3/4)
    • Tanda Tangan, tulis tanda dengan sesuai dengan yang di KTP. (4/4)
    • Jika semuanya telah diisi tap Daftar (4/4)
  5. Kemudian Anda perintah membuat PIN untuk akun Bibit Anda
  6. Terakhir Anda tinggal memverifikasi akun Bibit, pertama verifikasi email, kedua verifikasi oleh tim Bibit, dan yang ketiga verifikasi KSEI.
    • Jadi pertama yang harus Anda lakukan cek e-mail untuk memverifikasi email.
    • Tahap paling akhir menunggu Verifikasi oleh Bibit dan Verifikasi KSEI, hingga ketiga verifikasi tersebut tercentang, maka Anda bisa langsung berinvestasi.

 

Tambahan supaya mendapat cashback sebesar Rp 25.000, Anda bisa memasukan kode refferal saya yakni “fauzi554“. Untungnya saya dan Anda mendapat cashback Rp 25.000.

FAQ

1. Bagaimana cara mengatasi Verifikasi KSEI gagal, karna KTP Tidak Jelas / Tidak Terbaca?

Kebetulan saat mendaftar, dialami oleh saya. Maka untuk mengatasinya Anda bisa tap Revisi untuk mengambil foto ulang yang lebih jelas. Tips dari saya:

  • Pastikan saat foto KTP huruf dan angkanya jelas. Supaya jelas, saat mengambil foto pastikan tangan Anda stabil.
  • Saat foto Selfie dengan KTP, pastikan wajah dan tulisan di KTP jelas, jangan sampai ngeblur. Serta saat memegang KTP jangan sampai menutupi informasi penting seperti Foto, Tanda Tangan dan juga tulisannya.

Hasilnya dari revisi tersebut, setelah beberapa jam kemudian registrasi berhasil diterima.

2. Apakah Setelah Berhasil Registrasi Apakah Bisa Langsung Berinvestasi?

Bisa.

3. Apa Yang Seharusnya Dilakukan Setelah Membuat Akun di Bibit?

Saran pribadi, Anda harus banyak membaca terlebih dahulu. Pasalnya ada banyak produk yang tersedia di Bibit.

Secara singkat ada tiga jenis produk investasi, mulai dari Reksa Dana Pasar Uang, Obligasi dan Reksa Dana Saham. Dari ketiga jenis tersebut memiliki keuntungan dan resiko yang berbeda-beda, maka Anda harus mempelajarinya sebelum menaruh uang di sana.

Jadi di mana saya harus mempelajarinya? Banyak, Anda bisa melihat Blog Bibit, Help Center Bibit dan sumber lainnya. Oh iya Anda bisa cek pada aplikasi pada menu Profil > Kamus Investasi disana terdapat informasi mengenai istilah-istilah investasi.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan Robo Advisor untuk mengetahui profil resiko yang cocok untuk Anda dan juga cek simulasinya untuk mengetahui

Hasil yang diberikan dari Robo Advisor saya mendapat profil Investor Aggresive, tapi saya merubahnya menjadi Konservatif, yakni fokus ke Reksa Dana Pasar Uang sebab resikonya yang paling kecil, dan tujuan awal memang menabung.

Jadi intinya tentukan tujuan investasi yang dibarengi dengan pengetahuan tertanam di-diri Anda.

4. Bagaimana cara Login, kan tidak ada Password?

Memang loginnya tidak memakai password, melainkan loginnya menggunakan Kode OTP.

Misal saya login Bibit via website, pertama saya memasukan nomor telepon, nantinya kode OTP dikirim ke email. Nah, setelah itu kode OTP empat angka tersebut, masukan ke kolom login.

Penutup dan Impresi Tentang Bibit

Bibit menjadi platform investasi pertama yang saya gunakan. Kenapa saya memilih Bibit? UI di bibit sangat newbie friendly, saya yang awam pun mudah mempelajarinya.

Padahal ada banyak marketplace reksa dana terpercaya seperti halnya Bareksa, Tanamduit, Ajaib dan IPOT. Namun untuk saat ini saya tertarik dengan Bibit, tapi sebenarnya saya juga tertarik dengan Bareksa UI-nya sama-sama newbie friendly, mungkin di kemudian hari saya membuat artikelnya.

Berikut beberapa highlight kelebihan Bibit:

  • Gratis biaya, biaya Rp 0. Semua pembelian reksa dana di Bibit gratis biaya komisi.
  • Cairkan dana investasi kapan saja, dana investasi Anda dapat dicairkan tanpa penalti kapan saja.
  • Bebas Pajak, Keuntungan dari reksa dana bukan merupakan objek pajak.
  • Mulai dari Rp 100 ribu, Investasi di reksa dana hanya memerlukan modal yang sangat minim dapat mulai dari Rp 100 ribu.
  • Pemilihan Investasi Mudah Bibit bantu analisa dan seleksi reksa dana terbaik di Indonesia yang disesuaikan dengan level resiko kamu secara otomatis.

Oh iya top up rekening reksa dana cukup mudah juga ada pilihan e-wallet (GoPay & LinkAja), Virtual Bank dan Transfer Bank. Saya sendiri memiliki akun GoPay yang belum terverifikasi KTP, masih bisa membeli produk reksa dana di Bibit.

Untuk hal lainnya seperti return, keuntungan dan rugi. Mungkin akan saya buat di artikel lain ya. Semoga cara registrasi akun Bibit, semoga dapat membantu jika ada pertanyaan dan saran, Anda bisa menuliskannya pada kolom komentar bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here