Apa itu FYP dan 4+ Istilah-Istilah Lain Yang Ada di TikTok

0
FYP menjadi hashtag terbanyak digunakan di TIkTOk

EvoTekno.com – TikTok menjadi media sosial yang paling meningkat pertumbuhannya, apalagi di masa pandemi. Well, wajar meningkat karna orang-orang banyak yang berada #DiRumahSaja dan mencari hiburan di internet untuk menghilangkan kejenuhan.

Banyak yang terjadi di TikTok, seperti seseorang menjadi viral dan sekarang orang tersebut menjadi terkenal. Selain itu banyak juga yang mencari popularitas dan mendapatkan uang di TikTok, mulai menjadi content creator bahkan beriklan di sana, karna saking banyaknya pengguna hingga saat ini sudah 100 juta yang mengunduh.

Tentunya para creator berlomba-lomba menyajikan konten terbaiknya, maka dari itu banyak istilah-istilah baru yang muncul di TikTok, berikut istilah yang harus Anda ketahui:

1. FYP

FYP singkatan dari For You Page. Jika buka aplikasi TikTok yang pertama muncul adalah  halaman “For You”. For You juga bisa Anda sebut sebagai “beranda”.

Pada halaman tersebut berisi video rekomendasi yang sesuai dengan prilaku dan minat si penonton, misal penonton sering menonton video dancing, nantinya di halaman For You akan muncul juga rekomendasi video dancing.

Sepemahaman pribadi For You Page sebuah istilah untuk algoritma yang ada di TikTok, jika ada sebuah video yang masuk halaman For You berarti konten tersebut adalah “konten FYP”.

Untuk bisa masuk halaman For You sangat didamba-dambakan oleh kreator TikTok, sebab bisa menaikan jumlah views dan like. Namun untuk masuk ke halaman tersebut tentunya tidak mudah karna tergantung dari algoritma-nya TikTok itu sendiri, dan kreator harus mengikut algoritmanya.

Kadang beberapa kreator menyelipkan hashtag #fyp atau #foryoupage pada setiap videonya, yang berharap agar masuk ke halaman tersebut.

FYP menjadi hashtag terbanyak digunakan di TIkTOk

2. CEO

Banyak pengguna TikTok memanggil creator lain dengan sebutan CEO. Konteks kata CEO merujuk ke kata “ahli”. Contohnya ada yang berkomentar “CEO of Comedy Videos” artinya si pembuat konten sangat ahli dibidang konten komedi.

Jadi konteksnya seperti memuji kepada kreator tersebut, bahwa dia ahli membuat konten dibidang tersebut.

3. Check

Biasanya ketika membeli barang sesuai daftar, dan kita sudah mendapatkannya, kita akan menandainya dengan simbol checklist ““, artinya jika ter-checklist barang sudah didapatkan.

Nah, di TikTok hampir sama juga konteksnya, kata “check” seperti “mempunyai”. Misal seperti kalimat “Mobil Mewah Check” artinya dia sudah punya mobil mewah.

Biasanya konten tersebut seperti memperlihatkan yang dia punyai atau yang sudah dia lakukan.

4. Ok Boomer

Baby Boomer, Milenial dan Gen Z adalah sebutan untuk generasi. Misal generasi boomer orang-orang yang lahir di tahun 1940-1960, Milenial 1981-1996, Gen Z 1995-2010.

Banyak hal yang terjadi, saat ini kata Ok Boomer bisa merujuk untuk mengolok atau menyindir ke “pemikiran yang kolot”.

Sebenarnya kata ini bisa menyinggung seseorang, jadi jangan saya sarankan jangan dipakai sembarangan.

5. VSCO Girl

VSCO sebuah aplikasi edit foto. Banyak foto menarik yang dihasilkan dari aplikasi VSCO. Terutama warna Vintage atau gaya-gaya zaman dulu, karna VSCO sangat memungkinkan Anda membuat filter ala-ala Vintage.

Jadi kata VSCO Girl biasanya merujuk pada kreator wanita yang memakai warna atau filter dengan gaya Vintage.

Selain itu dari fashion orang-orang yang menggemari gaya Vintage, sering menggunakan sepatu Vans, Bitternocks dan Cocks.

Penutup

Bagaimana, apakah sekarang sudah tahu. Memang tren akan terus berubah dengan berjalannya waktu.

Untuk itu jangan sampai ketinggalan, sebab ditengah-tengah obrolan mungkin saja keluar kata-kata tersebut, jika Anda sudah tahu tentunya pecakapan akan terasa nyambung.

Well, semoga informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat, jika ada pertanyaan atau bahkan tambahan kata yang belum kami sebutkan, Anda bisa menuliskan komentar di bawah ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here