Cara Mempercepat Kinerja HP Agar Performanya Tidak Menurun

0
holding phone
sumber gambar: Kenny Eliason

Banyak yang belum tahu bagaimana cara mempercepat kinerja HP. Akibatnya, banyak orang yang cenderung lebih memilih jalan pintas untuk membeli ponsel baru daripada memperbaiki ponsel lama yang kinerjanya sudah semakin menurun, atau ketinggalan jaman. Padahal, sebetulnya, cara mengembalikan kecepatan kinerja hp sangatlah mudah dan praktis. Anda bahkan dapat melakukanya sendiri di rumah, atau meminta kerabat terdekat yang paham mengenai seluk beluk gadget.

Ada Banyak Cara Mempercepat Kinerja HP Agar Performanya Tidak Menurun

Tips ini bisa Anda lakukan dengan kemungkinan keberhasilan yang tinggi. Namun, ada banyak hal yang wajib untuk diperhatikan terlebih dahulu, sebelum mulai mencoba mengatasi ponsel lemot Anda. Salah satunya dengan mengetahui berbagai penyebab mengapa performanya semakin lama semakin menurun. Hal tersebut karena setiap faktor penyebab, memiliki cara penanganan yang berbeda.

Misalnya seperti jika kinerja hp Anda menurun akibat pemakaian terlalu banyak aplikasi, atau karena banyaknya file yang memenuhi kapasitas penyimpanan. Ini tentu akan mendapatkan penanganan tersendiri, mengingat penyebabnya juga berbeda. Oleh karena itu, yuk simak berbagai penyebab hp lemot yang wajib Anda waspadai.

Kebanyakan Aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebab ini memang cukup lazim dialami oleh banyak kasus mengapa hp Android mudah menurun kinerjanya. Terjadinya penurunan kinerja ini akibat sistem penyimpanan di ponsel yang terbatas, sehingga tidak dapat terus-menerus menyimpan berbagai aplikasi unduhan yang Anda butuhkan. Cara mempercepat kinerja hp karena alasan ini, Anda terlebih dahulu wajib menentukan jenis hp dengan spesifikasi penyimpanan yang cukup, sesuai dengan kebutuhan.

Banyak Aplikasi yang Berjalan Sekaligus

Masalah hp lebih lambat dari sebelumnya yang selanjutnya adalah karena beberapa aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Ini tentu akan mengakibatkan RAM penyimpanan hp menjadi sangat bekerja keras, serta penuh, dan menyebabkan hp mudah lemot, bahkan sampai ngelag beberapa saat.

Terlalu Banyak File Sampah

Cara mempercepat kinerja hp selanjutnya, bisa Anda perhatikan masalah yang satu ini. Kebanyakan orang tidak memperhatikan bahwa ponsel mereka terlalu banyak memiliki file sampah yang mengkonsumsi sisa ruang penyimpanan. Hal tersebut, jika dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatkan masalah, yang berakibat buruk pada kinerja hp Anda. Oleh karena itu, Anda wajib selalu memeriksa jumlah file sampah, dan segera membersihkannya. Hal tersebut akan membuat ruang penyimpanan yang tersisa menjadi lebih lega, dan tidak akan mengganggu sistem kerja ponsel Anda.

Cara Mempercepat Kinerja Hp

Membeli ponsel baru setelah menganggap bahwa ponsel lama memiliki penurunan kinerja memang mudah sekali dilakukan. Namun, tentu saja hal ini tidak dilakukan tanpa mempertimbangkannya secara matang. Ada banyak skala prioritas yang wajib untuk dipenuhi, daripada sering bergonta-ganti gadget.

Mengingat keperluannya, gadget menjadi sesuatu yang sangat penting, entah dalam dunia pekerjaan, atau sekedar untuk berkomunikasi. Hal ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas Anda apabila ponsel menjadi lemot dan sangat susah digunakan.

Namun, permasalahan ini tentu memiliki solusinya. Anda masih bisa memperbaikinya, dan mengembalikan kinerja hp seperti semula tanpa perlu membeli ponsel yang baru. Berikut ini berbagai tips ala Kawan Gadget untuk mengatasi hp lemot yang bisa Anda lakukan.

Kosongkan Ruang Penyimpanan/ Storage Internal

Cara mempercepat kinerja HP

yang satu ini sangat ampuh untuk membuatnya kembali pada kinerja semula. Anda dapat menghapus beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting, untuk memberikan ruang penyimpanan/ storage internal. Untuk ukuran yang aman, paling tidak ponsel Anda harus tersisa sekitar 20% ruang penyimpanan untuk dapat membuat berbagai aplikasi berjalan dengan baik.

Gunakan Bantuan Aplikasi

Adanya aplikasi untuk mempercepat kinerja ponsel, seperti launcher, akan sangat membantu membuat hp Anda berada pada kinerja yang baik. Tujuan adanya aplikasi ini, yaitu mampu menghapus banyak file sampah yang dihasilkan saat Anda menjalankan sebuah aplikasi.

Bersihkan Home Screen

Home screen, alias layar utama memang seringkali dipenuhi dengan pemintas aplikasi. Anda wajib untuk memperhatikan hal ini, dan sisakan beberapa aplikasi pemintas yang memang sering Anda perlukan, dan sering Anda buka. Hal yang wajib Anda perhatikan, sebaiknya jangan gunakan jenis aplikasi yang bergerak, karena mampu membenahi kinerja ponsel Anda.

Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Cara mempercepat kinerja hp ini terbilang cukup mudah. Seringkali kita mengunduh berbagai jenis aplikasi yang dirasa tidak terlalu perlu, atau malah jarang sekali digunakan. Itulah mengapa proses seleksi diperlukan untuk membuat kinerja hp Anda tidak terganggu.

Jika ponsel Anda memiliki tanda-tanda penurunan kinerja, segera periksa jenis aplikasi apa saja yang tidak terlalu Anda perlukan. Hal ini akan membantu menyisakan ruang di storage internal. Ini akan mengembalikan performa kinerja hp Anda, sehingga dapat kembali bekerja secara maksimal.

Bagaimana Menjaga HP Agar Kinerjanya Dapat Terus Terjaga dan Awet Digunakan

Cara mempercepat kinerja hp ini, juga dipengaruhi oleh performa seluruh bagian dalam ponsel Anda. Apabila salah satu komponen mengalami kendala, tentu saja akan mempengaruhi kinerja ponsel. Akibatnya, hp tidak bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, coba perhatikan beberapa hal berikut ini, agar hp Anda tetap awet dan tahan lama.

Isi Baterai Sebelum Habis Total

Tips yang  pertama sebaiknya Anda isi baterai sebelum habis total. Ada baiknya Anda langsung mengisi kembali baterai sebelum habis total isi ulang ketika baterai sudah pada level 10 atau 20%.

Karena biasanya proses isi ulang yang dimulai dari 0% jauh lebih lama dan beresiko lebih cepat habis nantinya akibat aus. Selain itu, sebaiknya Anda jangan terlalu sering mengisi ulang baterai menggunakan laptop karena, hal ini dapat membuat baterai cepat rusak.

Baterai merupakan hal penting karena, tanpa baterai sudah pasti smartphone tidak akan bisa menyala dan Anda tidak bisa menggunakannya. Selain itu jangan membiasakan cas baterai semalaman karena dan sebaiknya segera cabut sebelum terisi 100% persen karena, ini tidak baik.

Hindari Memainkan Hp Sambil Charger

Mungkin bagi sebagian orang, hal ini sangat tidak berpengaruh pada kinerja ponsel Anda. Namun, menghindari bermain ponsel saat di charger merupakan salah satu cara mempercepat kinerja Hp. Pasalnya, saat hp sering dimainkan ketika sedang isi daya, akan memberikan dampak yang kurang baik.. Karena, saat di charger dan Anda menggunakannya terus-menerus dan mengakibatkan kerusakan bagian baterainya.

Baterai menjadi salah satu komponen terpenting bagi setiap ponsel. Apabila terjadi kendala pada bagian baterai ini, sudah pasti akan menyebabkan penurunan performa hp menjadi lebih buruk. 

Tidak heran, jika menjaga performa baterai merupakan salah satu cara mempercepat kinerja Hp. Memainkan Hp saat ponsel sedang isi daya juga sangat berisiko membuat baterai kembung. Kondisi ini akan semakin parah jika dibiarkan terus-menerus. Pastikan untuk selalu menjaga kinerja hp dengan merawat seluruh bagian komponennya, sehingga performanya tetap stabil dan dapat Anda gunakan dalam waktu yang lama. Jangan sampai, pengeluaran Anda semakin hari semakin membengkak seiring berjalannya waktu, karena sering bergonta-ganti hp.

Open popup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here