Cara Mendaftarkan Flexi Cash di Jenius, Pinjaman Online

0
Cara Mendaftarkan Flexi Cash di Jenius, Pinjaman Online

EvoTekno.com – Jenius adalah salah satu produk dari bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional). Salah santu penggerak digital bank yang cukup besar di Indonesia dengan berbagai fiturnya yang sangat memudahkan saat transaksi, maka dari itu banyak generasi milenial dan Gen Z memiliki rekening Jenius.

Salah satu yang saya sukai dari Jenius adalah debit online yang mendukung pembayaran mata uang asing. Hal tersebut membantu saya saat transaksi di situs web luar negeri.

Well, bicara soal Flexi Cash, belum lama ini Jenius menghadirkan fitur untuk Anda yang ingin meminjam uang secara online. Untuk caranya? kita langsung ke langkah-langkahnya.

Syarat Mengajukan Flexi Cash

Syaratnya cuma ada satu:

  • Pastikan Anda mempunyai rekening Jenius yang sudah diaktivasi.

Yang mana saat membuka rekening Jenius, membutuhkan KTP dan interview video call untuk aktivasinya. Jika belum punya rekening Anda bisa download aplikasi Jenius di Google Play / App Store

Bagaimana agar pengajuan dapat diterima? tak ada jawaban yang pasti, sepertinya agar diterima, Anda harus aktif menggunakan Jenius untuk transaksi entah itu untuk nabung atau kirim atau terima uang, intinya ada transaksi keluar masuk deh.

Langkah-langkah Pengajuan Flexi Cash

  1. Buka aplikasi Jenius, kemudian tap menu garis tiga yang berada di sudut kiri atas.
  2. Setelah itu pilih menu Flexi Cash, lalu tap Ajukan Flexi Cash
    • Sebelum itu Anda bisa tap Coba Hitung Penawaran, kemudian masukan informasi sesuai dengan yang ditanyakan oleh simulasi tersebut. Hasilnya saya menurut simulasi bisa mendapatkan simulasi maksimal sampai 12 juta rupiah, lalu tap “Saya Mau Ajukan Flexi CashSimulasi Penawaran -Flexi Cash Jenius
  3. Pertama Anda akan masuk ke bagian Informasi Data Diri, pilih menu yang ada di “Jumlah tanggungan”, “Tingkat pendidikan terakhir” dan “Nama Ibu Kandung.Flexi Cash - Informasi Data Diri
  4. Kedua bagian Alamat Tinggal Saat ini, karena alamatnya sama dangan akun, jadi saya mencentang “Alamat tinggal saya sama dengan alamat korespondensi” nantinya setiap kolom akan diisi secara otomatis, lalu tap LanjutAlamat tinggal saat ini - flexi cash Jenius
  5. Ketiga bagian Informasi Pekerjaan, isi sesuai dengan pekerjaan Anda saat ini, lalu jangan lupa masukan jumlah pemasukan Anda setiap bulan, lalu tap LanjutInformasi Pekerjaan - Flexi Cash Jenius
  6. Terakhir masukan Informasi Kerabat Anda yang sekiranya tidak tinggal serumah dengan Anda, setelah itu tap Ajukan Flexi Cash, dan nantinya Anda disuruh menyetujui bahwa Anda telah mengisi data dengan benar.Informasi Kerabat Dekat - Flexi Cash Jenius
  7. Selanjutnya Anda tinggal menunggu proses pengajuan sekitar dua hari kerja.

Update 16 Februari 2021 – Penarikan

Pengajuan pinjaman sudah diterima pada tanggal 16 Februari 2021. Seharusnya proses 2 hari, tapi menjadi 4 hari karena saat pengajuan dimulai pada hari Jumat, sebab hari Sabtu dan Minggu bank tutup.

Nominal yang saya dapat sekitar Rp 5.300.000 dengan bunga yang diberikan perbulan sebesar 1.75%, untuk cara penarikan sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Jenius, kemudian masuk ke menu Flexi Cash
  2. Setelah itu, tap Terima Penawaran lalu sebelum mengaktifkan Flexi Cash alangkah baiknya Anda membaca ketentuan pinjaman, jika sudah tap Centang, Lalu tap Aktifkan, kemudian Anda akan diperintah memasukan kata sandi Jenius
  3. Setelah diaktifkan, sekarang ke penarikan, tap Tarik Dari Flexi Cash, lalu atur “Jumlah penarikan” dan “Tujuan memulai pinjaman” lalu tap Lanjut. Selanjutnya atur “Lama pinjaman yang diinginkan”, jika sudah menentukan jumlah dan durasi pinjaman, terakhir klik Tarik
    • Jika menekan tombol Tarik, artinya Anda telah menyetujui pinjaman. Sebelum itu saran dari saya perhatikan “Estimasi total bunga” karna semakin lama tenor pinjaman, semakin besar juga total bunga yang Anda dapatkan.
    • Contoh di atas dengan bunga 1.75%, jika meminjam 4 bulan Anda mendapatkan total bunga sekitar Rp 280.000, namun jika 36 bulan Anda akan mendapatkan bunga sebesar Rp. 2.520.000.
      • Tentunya jika tenor 36 bulan cicilannya jadi kecil yakni sekitar Rp 180.000 perbulan. Tetapi jika tenor 4 bulan Anda harus membayar Rp 1.070.000 perbulan.
  4. Bisa Anda lihat sendiri pada screenshot di bawah ini, uang sudah masuk ke saldo utama yakni ke kartu m-Card
    Jadwal Cicilan Flexi Cash Jenius
    Screenshot kiri, bisa Anda lihat pada menu flexi cash, contoh jadwal cicilan tiap bulan yang harus Anda bayar

Untuk informasi pelunasan akan saya update artikelnya sekitar 4 bulan ke depan.

F.A.Q

1. Berapa persen bunga Flexi Cash?

Untuk bunga Flexi Cash dipatok mulai dari 1.75% hingga 2.25% perbulan, tergantung dari profil resiko yang dilihat dari aktivitas akun Anda, tentunya tiap orang berbeda-beda.

Apakah kita bisa melihat profil resiko kita? Tidak, hanya tim dari Jenius yang bisa melihat dan mengatur profil resiko akun kita.

2. Sampai Kapan Durasi Pinjamannya?

Tenor atau jangka waktu pinjaman untuk Flexi Cash minimal 1 bulan dan maksimal 36 bulan, dan kita bisa mengaturnya pada halaman Flexi Cash.

3. Apakah ada jaminan

Tidak ada

4. Berapa limit pinjaman

Limit pinjaman mulai dari 2.5 hingga 30 juta

5. Apakah setelah pengajuan, saya otomatis meminjam uang?

Tidak, walaupun Anda sudah mengajukan dan ternyata diterima. Selagi tidak menarik uangnya, Anda tidak termasuk meminjam uang.

Biasanya Anda akan diberika wantu sekitar 2 bulan untuk menarik pinjaman tersebut.

6. Berapa nominal pinjaman yang saya dapat?

Untuk masalah tersebut, hanya tim Jenius yang tahu. Namun dari informasi yang saya dapatkan dari Customer Jenius, besarnya nominal berdasarkan profil resiko akun Anda.

7. Apakah Pembayaran Cicilan Dilakukan Secara Otomatis?

Betul, setiap bulan Anda harus membayarnya, Flexi Cash akan mengambil uang dari saldo aktif (m-Card). Jadi pastikan pada kartu m-Card, sediakan saldo sesuai dengan cicilan Anda, karna jika tidak atau kurang, Anda akan dikenakan pinalti.

8. Berapakah Denda Flexi Cash?

Informasi kami dapatkan dari @JeniusHelp, Penalti akan dikenakan 1 hari setelah tanggal jatuh tempo. Dengan rincian:

  • Bulan pertama (1 hari lewat jatuh tempo): Rp50.000(1-29)
  • Bulan kedua (30 hari lewat jatuh tempo): Rp75.000(30 -59)
  • Bulan ketiga (60 hari lewat jatuh tempo): Rp150.000(60 –89)
  • Bulan keempat (90 hari lewat jatuh tempo): Rp175.000(>=90)

Penalti tersebut perpinjaman ya, misalkan ada dua pinjaman dan dua-duanya telat, Anda mendapatkan dua penalti.

Penutup

Well, begitulah cara mengajukan dan mengaktifkan Flexi Cash, jika ada yang kurang dan ingin ditanyakan, Anda bisa komentar di bawah.

Selain itu bila pertanyaan berisi informasi penting, Anda bisa DM ke Twitter resmi Jenius yakni @JeniusHelp

Artikel di atas masih belum selesai, akan saya update ketika pengajuan selesai, hingga pinjaman sampai lunas.

Semoga informasi yang kami berikan ini dapat membantu.

Baca artikel terkait Jenius:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here