Arti Ping, PM, VC, TC, PC, PAP di WhatsApp, dan 5 Istilah Lainnya

0
Arti Ping, PM, VC, TC, PC, PAP di WhatsApp, dan 5 Istilah Lainnya

EvoTekno.com – WhatsApp menjadi aplikasi chit-chat yang terpopuler saat ini di Indonesia. Tidak seperti dahulu ada Blackberry Messenger (BBM), kebanyakan pengguna Indonesia sempat viral menggunakan aplikasi chat tersebut, walaupun sekarang sudah tiada. (RIP BBM)

Namun dari puluhan aplikasi chat yang tersedia saat ini, menurut artikel di Liputan6.com bahwa ‘Aplikasi pesan WhatsApp yang merupakan bagian dari keluarga Facebook ini memiliki tingkat penetrasi 83 persen di Indonesia’

Kembali ke topik pembahasan, mungkin disini Anda pernah melihat istilah atau singkatan yang ada saat percakapan di aplikasi tersebut. Misalnya seperti Ping, PM, VC, TC, PC dan istilah-istilah lainnya yang sering muncul bilamana bertemu dengan orang baru.

Well, untuk itu Anda harus tahu, agar percakapan bisa terus nyambung dan Anda juga paham.

Contents

1. Ping / P

Dibandingkan dengan Ping saat ini orang-orang lebih sering menggunakan P. Biasanya kata tersebut digunakan pada tiga konteks percakan, misalnya:

  • Pertama, biasanya digunakan untuk memulai obrolan yang cukup penting
  • Kedua, jika seseorang mengirim P dengan cara spam seperti ‘P P P P P, atau pakai Ping ditambah dengan tanda seru ‘Ping!!!’ artinya si pengirim tersebut membutuhkan percakapan yang sangat penting.
  • Ketiga, kedua untuk memeriksa jaringan internet, jika chat ditandai centang dua artinya pesan terkirim.

Dahulu enggunaan kata ini sering digunakan oleh pengguna aplikasi Blackberry Messenger, yang dimana untuk menandakan pada konteks-konteks diatas.

Namun saya sarankan penggunaan istilah Ping / P ini, alangkah baiknya digunakan kepada orang terdekat atau teman Anda saja.

Karna bilamana menggunakan istilah tersebut untuk memulai percakapan kepada orang penting, hal tersebut sudah dianggap tak sopan, apalagi dalam konteks “formal”.

2. PM

PM singkatan dari Private Mesanger, yang dimana sering gunakan seseorang untuk mengajak chat secara personal.

Misal contoh kasus, ketika berada di forum jual beli online:

  • Pembeli: Halo harga barang ini berapa ya?
  • Penjual: Hai, untuk harga barang tersebut bisa di PM ya.

Artinya, untuk mengetahui harga dari produk yang dijual. Pembeli harus menanyakannya di private messenger. 

3. VC

VC singkatan dari Voice Call, jika diterjemhakan artinya ‘panggilan suara’. Karna saat ini kebanyakn aplikasi messenger menyediakan fitur panggilan.

Jadi biasanya jika seseorang mengirim pesan ‘Yuk VC’ artinya si pengirim mengajak untuk menelepon, menggunakan fitur Voice Chat.

Namun ‘VC’ juga bisa jadi singkatan dari Video Call, yang artinya adalah pangillan video. Nah gimana tuh? Well, kita juga harus bisa menebak.

Bilamana percakapan sebelumnya menyinggung soal ‘wajah’, ‘baju’ atau ‘keadaan fisik’ berarti mengajak untuk video call, intinya kita harus tau konteks dan situasi.

4. VN

VN singkatan dari Voice Noteatau jika dalam bahasa Indonesia adalah “Catatan Suara”. Atau Anda bisa juga mengartikannya sebagai ‘pesan suara’

Jika voice call fitur utamanya bisa menelepon suara secara realtime. Voice Note juga salah satu fitur dari WhatsApp. Namun cara kerja voice note, suara direkam terlebih dahulu kemudian dikirim berupa file. Yang dimana bisa di simpan dan dengar kapan saja.

5. TC

TC singakatan dari Test Contactyang artinya untuk “tes kontak”. Hampir mirip seperti Ping.

Namun PC biasanya digunakan untuk memeriksa lawan bicara apakah terhubung dengan internet atau tidak, karna jika pesan terkirim akan ditandai centang dua, artinya si kontak si penerima masih aktif.

Atau sebaliknya jika hanya centang satu artinya kontak sudah tidak aktif lag atau bisa juga karna tidak terhubung dengan internet.

6. PC

PC singkatan dari Personal Chat, yang artinya berbincang secara personal. PC juga sering digunakan pengganti ‘PM’.

7. PAP

PAP singkatan dari Post a Picture, bila diterjemahkan artinya ‘Posting sebuah foto’.

Biasanya istilah ini digunakan seperti menyuruh untuk foto diri atau memperlihatkan lokasi, kembali lagi tergantung konteks percakapannya seperti apa. Contoh kasus.

  • Bilamana bercakap soal tempat dan lokasi, kemudian ada si pengirim chat ‘pap dong sedang dimana’ artinya si pengirim menyuruh Anda untuk memfoto lokasi secara langsung Anda sedang dimana.
  • Atau bilamana Anda bercakap soal kondisi wajah, misalkan ada jerawat. Kemudian si pengirim ‘Pap dong gimana kondisinya’ artinya pengirim ingin melihat wajah Anda.

Namun tidak hanya dua contoh diatas aja ya, intinya PAP itu lebih ke menyuruh untuk memperlihatkan kondisi dan situasi secara langsung.

8. Available

Available jika diterjemahkan ke Indonesia artinya ‘Tersedia’. Pada pengaturan profil terdapat status Available. Jika status Anda available artinya Anda bisa ada dan bersedia untuk chat. 

9. SW

SW singkatan dari Status WhatsApp, yakni salah satu fitur yang sama seperti Story Instagram.

Jadi bilamana seseorang mengirim pesan ‘Lihat SW dong’ artinya si pengirim menyuruh Anda untuk melihat status nya.

10. Deliv 

Deliv atau singkatan dari Delivered, jika diterjamahkan dari bahasa Inggris artinya ‘Terkirim’.

Pada aplikasi WhatsApp jika mengirim pesan ada beberapa tanda, diantaranya:

  • Centang 1: Pesan belum terkirim, hal ini terjadi karna si pengirim atau penerima tidak terkoneksi dengan internet, atau bisa juga karna akun WhatsApp sudah tidak aktif.
  • Centang 2: Pesan terkirim tetapi belum dibaca
  • Centang 2 ditandai warna biru: Pesan terkirim dan telah dibaca oleh penerima

11. OTW

Terakhir adalah OTW, pasti sudah banyak yang tahu lah ya. Namun, bagi Anda yang tak tahu. OTW singkatan dari On The Way, yang artinya ‘sedang dalam perjalanan’.

Biasanya jika pesan ‘OTW ke rumah kamu’ digunakan oleh pengirim, artinya menandakan pengirim sedang dalam perjalan ke rumah Anda.

Penutup

Well, istilah-istilah diatas tak hanya di untuk WhatsApp saja. Banyak pengguna aplikasi chat lain bahkan di media sosial seperti Line, Telegram, Facebook Messenger, Instagram, Twitter, WeChat dan masih banyak lagi sering menggunakan istilah diatas.

Semoga saat ini Anda sudah menjadi tahu, apa itu arti ping di WhatsApp. Anyway, bilamana ada yang kurang atau ada pertanyaan. Anda bisa menuliskan komentar dibawah.

Baca juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here