7 Kota di Indonesia Yang Mengadopsi Program Smart City

0
Sumber: www.thejakartapost.com

Smart city merupakan salah satu program yang meningkatkan penggunaan teknologi di kawasan perkotaan sehingga tercipta kota modern yang berteknologi. Konsep ini akan membantu masyarakat yang berada dalam suatu lingkungan dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien serta memberi informasi yang tepat guna mengantisipasi kejadian yang tidak diduga sebelumnya. 

Konsep smart city sudah diterapkan pada beberapa kota di Indonesia. Berikut ada 7 kota di Indonesia yang menggunakan konsep smart city. Mari kita telusuri sejauh mana konsep smart city dikembangkan pada 7 kota tersebut. 

1. Jakarta

Sumber: Tempo.co

Kota pertama tentunya adalah Jakarta yang merupakan ibu kota Negara Indonesia. Wajar jika Jakarta mengguna konsep smart city karena pusat pemerintahan dan segala kegiatan penting ada  di sana. Selain itu ada banyak orang yang menggantungkan hidupnya di Jakarta meskipun kerap kali dilanda banjir kala musim hujan. 

Smart city diterapkan di Jakarta berupa Smart City Lounge yang merupakan pusat kontrol dan mampu menerima bermacam aduan masyarakat mengenai berbagai masalah seperti sosial, sampah, banjir, macet, kriminalitas, pelayanan publik dan masalah lainnya yang kerap terjadi di ibu kota negara. 

Peluncuran Jakarta Smart City pertama kali pada tahun 2014 yang didasarkan pada enam pilar utama yakni smart living, smart mobility, smart environment, smart economy, smart governance dan smart people. 

2. Bandung

Sumber: www.thejakartapost.com

Bandung juga tidak mau ketinggalan untuk menerapkan konsep smart city. Bandung Smart City diterapkan untuk menyambung koneksi terintegrasi pada berbagai bidang sehingga dapat memberikan dampak praktis dan efisien dalam pengelolaan kota. Smart city diharapkan mampu memudahkan warga kota dalam mengatasi permasalahan seperti penanggulangan macet, penumpukan sampah, perbaikan jalan rusak dan lain sebagainya. 

Konsep smart city di Bandung meliputi Hay U guna perizinan online, SIP rapor camar oleh warga, citizen complaint online, Silakip untuk monitoring kerja pemerintah kota dan penggunaan sosial media Twitter sebagai ajang komunikasi antar warga. 

Alasan Bandung menerapkan smart city karena Bandung sudah masuk kategori kota Metropolitan. Ada banyak warga yang telah mampu memanfaatkan teknologi. Harapan pemerintah, Bandung dapat menjadi kota yang lebih maju dibandingkan sebelumnya agar dapat bersaing dengan perkembangan teknologi global. 

3. Makassar

Sumber: makassarkota.go.id

Makassar juga termasuk salah satu kota terindah di Indonesia. Pemandangan malam hari Kota Makassar layak diacungi jempol karena terkesan maju. Kota yang terletak di Pulau Sulawesi ini juga tidak mau kalah dengan yang lain. Pemerintah kotanya telah menerapkan konsep smart city. Makassar diketahui telah mampu memantau kemacetan secara online sehingga warga tidak perlu lagi menghadapi jalanan yang penuh hambatan. 

Selain itu Makassar juga telah memiliki sistem pembayaran parkir online yang sudah on the track. Pemerintah kota juga menyediakan Smart Card yang dapat digunakan dalam kepentingan sistem pembayaran. Jadi warga kota Makassar sudah termasuk canggih dengan adanya konsep smart city. 

4. Surabaya

Sumber: www.its.ac.id

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat Kota Surabaya harus segera beranjak guna menciptakan kota yang cerdas. Oleh karena itu pemerintah Kota Surabaya memutuskan untuk menerapkan Smart City. Sistem pemerintahan Surabaya telah berbasis internet yang disebut dengan e-procurement. 

Ada pula sistem penanggulangan bencana Surabaya, sistem transportasi cerdas ITS-ATSC serta pengelolaan sampah menjadi energi dan produk berguna. Pemerintah Surabaya juga menerapkan smart living dengan cara menertibkan Gang Dolly sebagai tempat prostitusi. Selain itu ada pula smart people di mana pemerintah kota ingin generasi muda Surabaya tumbuh dengan pengetahuan yang luas dari program membaca dengan disediakannya fasilitas gratis Rumah Bahasa. 

Konsep traffic light di Surabaya juga telah diatur dengan Closed Circuit Television (CCTV) dan Integrated Traffic System Management. Antrean panjang di depan lampu lalu lintas akan secara otomatis mengubah lampu merah berjalan dalam waktu lebih pendek. 

5. Semarang

Sumber: antarafoto.com

Kota Semarang juga tidak mau ketinggalan dari kota lainnya di Indonesia yang telah menerapkan konsep smart city. Sistem yang telah dijalankan antara lain adalah pemasangan wifi gratis, pajak online, sistem perizinan online hingga sistem pelaporan online. Semarang juga menggunakan sistem informasi perencanaan daerah, informasi monitoring evaluasi, pelaporan warga online terintegrasi, aplikasi CCTV publik sampai sistem perizinan bangunan yang dapat diurus secara online pula. 

6. Yogyakarta

Sumber: arsip.koranbernas.id

Siapa yang tidak tahu Yogyakarta? Meskipun kawasan perkotaan Yogyakarta terkesan retro, namun pemerintah kota ingin menerapkan konsep smart city. Konsep tersebut tidak mengurangi kesan retro Kota Yogyakarta, melainkan malah mempermudah akses untuk menikmati kehidupan di sana. 

Jadi sistem kelistrikan yang digunakan oleh pemerintah kota Yogyakarta adalah smart grid yang mana dapat mengatur penggunaan pembangkit listrik dengan menggunakan energi baru terbarukan dan energi fosil. Pembangkit listrik tersebut harus diatur karena tidak dapat terus beroperasi sehingga perlu disangga pembangkit fosil. Pelanggan juga dapat mengakses smart grid untuk mengatur penggunaan listrik secara otomatis dan sesuai kebutuhan sehingga bisa sekalian untuk menghemat tenaga listrik. 

7. Denpasar

Sumber: bali.tribunnews.com

Damamaya Denpasar Cyber Monitor bekerja sama dengan aplikasi smart city yang digabung menjadi satu ruangan. Apabila terjadi bencana, warga dapat menghubungi nomor telepon gawat darurat 112 untuk penanganan lanjutan. Selain itu sistem smart city juga dapat memantau banjir, menerima pengaduan rakyat secara online, menyajikan Geografik Informasi Sistem dan E-Sewaka Dharma. 

Hal tersebut tentu dapat memudahkan warga Denpasar mengingat warga yang tinggal di sana tidak hanya penduduk tetap, namun juga banyak wisatawan. Konsep smart city memang perlu diterapkan di Indonesia. Meskipun kota di negara lain sudah lama menggunakan konsep tersebut, namun belum terlambat untuk memulai berkembang. 

Teknologi yang semakin canggih membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah diakses. Tidak hanya 7 kota Indonesia yang telah disebutkan di atas saja perlu berbenah untuk menerapkan konsep smart city. Ada banyak kota lainnya yang masih perlu langkah berani untuk menciptakan sistem kehidupan yang layak dengan kemudahan dalam mengakses berbagai kebutuhan.

Konsep smart city menguntungkan berbagai pihak karena dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja guna meningkatkan taraf dan kualitas hidup dari setiap warga kota. 

Open popup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here